Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Lebih Dalam Mengenai Komunikasi Verbal dan Non Verbal, Pengertian dan Contohnya

 Lebih Dalam Mengenai Komunikasi Verbal dan Non Verbal, Pengertian dan Contohnya




Komunikasi adalah sebuah aktivitas mengirim informasi berupa ide, pesan atau gagasan dari satu pihak ke pihak lainnya. Komunikasi adalah aktivitas yang dilakukan manusia baik secara sadar dan tidak sadar. Karena bentuk komunikasi bukan hanya bicara saja, bahkan diam pun bisa dianggap sebuah komunikasi karena sebagai bentuk respon dari peristiwa tertentu.


Komunikasi menurut jenisnya terbagi menjadi 2, yaitu komunikasi verbal dan non verbal. Keduanya memiliki perbedaan cara penyampaian, proses penerimaan pesan, dan makna yang berbeda.


Untuk lebih tahu secara dalam mengenai hal ini silakan Simak ulasan berikut ini;


Perbedaan Komunikasi Verbal dan Non Verbal


Komunikasi verbal adalah bentuk komunikasi langsung baik berupa ucapan atau tulisan sehingga penerima pesan akan lebih mudah memahami tujuan pesan yang disampaikan. Komunikasi verbal memiliki unsur seperti simbol dan bahasa yang disepakati oleh sebuah komunitas.


Berbeda dengan komunikasi non verbal yang merupakan bentuk komunikasi tidak langsung, contohnya gesture tubuh, mimik wajah dan busana pakaian, komunikasi verbal juga tidak memiliki simbol baku tertentu.


Contoh Komunikasi Verbal dan non verbal


Bentuk komunikasi verbal yang paling sering dilakukan adalah berbicara, baik antara orang tua dan anak, guru dan murid dan sebagainya. Komunikasi verbal juga dilakukan dengan bantuan perantara seperti surat, atau di zaman sekarang menggunakan handphone untuk chatting dan video call 


Sementara contoh Komunikasi non verbal bisa berubah mimik wajah seperti tertawa dan menangis, intonasi suara, dan gaya busana.



Fungsi Komunikasi Verbal dan Non Verbal


Komunikasi verbal adalah media efektif untuk mengirimkan pesan, karena terdapat simbol yang jelas yang sudah dipahami komunitas. Komunikasi verbal juga berfungsi untuk penamaan objek seperti tempat hingga benda, memperjelas sebuah pesan dengan intonasi dan artikulasi tertentu dan fungsi terakhir adalah untuk mengembangkan sebuah bahasa. 


Sementara fungsi komunikasi non verbal adalah menyempurnakan pesan yang dibuat dengan komunikasi non verbal. Misalnya seorang guru memerintahkan murid untuk maju ke depan, maka guru tersebut menunjuk murid dengan jarinya, fungsi lain dari komunikasi nonverbal adalah subtitusi yang artinya mengganti lambang komunikasi verbal contohnya diam yang bisa diartikan seseorang sedang ingin sendiri.


Fungsi lain dari komunikasi nonverbal adalah kontradiksi, yaitu menyampaikan pesan yang berlawanan dengan apa yang dikatakan, contohnya bila seseorang mengatakan dirinya tidak marah, tapi memasang gesture muka sebalik dengan intonasi suara yang tinggi.







Posting Komentar untuk "Lebih Dalam Mengenai Komunikasi Verbal dan Non Verbal, Pengertian dan Contohnya"