Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Lebih Dalam Mengenai E- Learning, Pengertian dan Contohnya

 Lebih Dalam Mengenai E- Learning, Pengertian dan Contohnya




Definisi Lengkap E-learning


Berasal dari 2 kata bahasa Inggris electronic dan learning , dengan demikian bisa diartikan sebagai metode pembelajaran yang dilakukan dengan teknologi elektronik seperti internet.  Dewasa ini mulai muncul sebagai alternatif cara belajar baik dari kalangan sekolah hingga perguruan tinggi, apalagi setelah munculnya wabah Covid 2020 yang membuat aktivitas interaksi masyarakat sangat dibatasi.


Sistem belajar E-learning sangat cocok diaplikasikan pada masa sekarang karena memiliki fleksibilitas yang bisa dirasakan murid dan guru. Aksesnya bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Sehingga murid dan guru ini tidak perlu bertatap muka dan bisa melaksanakan pembelajaran dirumah masing-masing.


Untuk melakukan E-learning, dibutuhkan jaringan internet, dan alat penerima seperti handphone/laptop. Bahan ajar bisa dibagikan baik berupa artikel, video interaktif hingga modul PDF. 


Kenapa E-learning Dibutuhkan Masyarakat ?


Terlepas dari kondisi wabah virus Covid 2019 yang memaksa masyarakat untuk membatasi pertemuan sosial, E-LEARNING ini memang bisa diaplikasikan secara maksimal di era globalisasi seperti ini, berikut penjelasannya:


Biaya Yang Terjangkau


Kenapa sistem E-learning bisa menghemat biaya ? Coba anda pikirkan, anda cukup memakai smartphone aktivitas belajar-mengajar bisa dilakukan dirumah masing-masing. Anda tidak perlu mengeluarkan uang transportasi untuk kendaraan pribadi/umum.


E-learning juga meminimalisir penggunaan buku fisik yang tentunya menimbulkan biaya tambahan. Sebagai gantinya, anda bisa mengunduh E-book/Modul yang banyak disediakan secara gratis.


Fleksibilitas Waktu


Berbeda dengan sistem pembelajaran tradisional yang waktunya bersifat terikat. E-learning memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kebebasan waktu belajar. Bahan ajar seperti video, artikel dan modul bisa dibuka kapan saja,asal pengguna mempunyai jaringan internet.


E-learning juga membebaskan pengguna untuk mempelajari materi yang mereka inginkan. Ingin fokus 1 bab atau belajar banyak bab, semua bisa dilakukan pengguna.


Menambah Relasi Pertemanan


Selain untuk keperluan belajar, E-LEARNING bisa menambah relasi pertemanan, yang manfaatnya akan bagus untuk membangun masa depan. Contohnya ketika  bergabung di grup belajar SBMPTN, anda bisa menemukan teman yang memiliki tujuan yang sama untuk masuk perguruan tinggi. Anda bisa berinteraksi dengan banyak orang dengan berbagai latar budaya dan domisili tanpa batasan jarak/waktu.


Melatih Adaptasi Perkembangan zaman


Orang-orang yang cepat mengikuti perkembangan zaman memiliki chance yang lebih luas untuk menggenggam karir yang cerah, salah satu untuk membiasakannya adalah belajar via E-LEARNING.  Karena arus modernitas teknologi semakin pesat, banyak generasi muda sekarang lebih banyak mengakses info melalui internet. Bagi para guru, tidak ada salahnya untuk belajar soal E-learning ini bisa menyampaikan materi secara maksimal pada siswa.







Posting Komentar untuk "Lebih Dalam Mengenai E- Learning, Pengertian dan Contohnya"