Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Hal Yang Terjadi Bila Anda Berada Dilubang Hitam

 Hal Yang Terjadi Bila Anda Berada Dilubang Hitam




Pembahasan mengenai " Black Hole" adalah salah satu yang paling banyak dicari pencinta Sains populer. Bahkan ada beberapa film sci-fi Amerika serikat yang memasukan Unsur Black Hole dalam ceritanya. 


Pengamatan mengenai lubang hitam hingga saat ini masih dipelajari oleh ilmuwan. Masih banyak yang penasaran tentang seperti apa bentuknya, lokasinya dan apa yang terjadi bila masuk dalam lubang hitam.


Merangkum berbagai sumber, beginilah skenario yang terjadi bila seseorang memasuki black hole:


Perbedaan Konsep Waktu


Sains menjelaskan bahwa waktu adalah dimensi yang menyambung berbagai peristiwa secara urut. Dimensi yang ada dalam waktu bersifat relatif. Penjelasan mengenai hal ini sudah dijelaskan oleh Albert Einstein dalam teori relativitas. Waktu yang dialami pelaku dan orang yang mengamatinya bisa saja berbeda.


Ketika seseorang masuk dalam lubang hitam, orang tersebut merasakan perubahan waktu yang sama dengan dini, namun faktanya waktu yang sebenarnya ditempuh bisa lebih lama. 1 hari di lubang hitam bisa beberapa bulan/tahun waktu bumi sebenarnya.


Dimensi Ruang Melengkung


Lubang hitam memungkinkan terjadinya pelengkungan ruang dan waktu. Menurut penelitian dari Universitas Atlantik Florida, menyatakan bahwa kondisi 3 dimensi yang ada di bumi akan terdistorsi ketika seseorang memasuki lubang hitam. Peristiwa tersebut memiliki istilah yang disebut deformasi dimensi.


Dimensi akan berubah begitu pula dengan ruang, wujud, tekstur dan segala hal yang berhubungan dengan kondisi fisik. Black hole memiliki massa yang besar sehingga efek Kelengkungan demensi sangat terasa.


Dimensi yang lebih tinggi


Seseorang yang masuk dalam lubang hitam akan mengalami efek singularitas. Hal ini terjadi karena daya gravitasi yang begitu kuat bahkan tidak terbatas didalamnya, sehingga ruang dan waktu terkompresi. Kondisi ini jelas tidak akan terjadi jika manusia hidup di bumi.


Lalu apa yang terjadi bila manusia berhasil memasuki lubang hitam ? Jelas mereka bisa melihat dimensi 4 - 5, manusia bisa melihat benda dengan tingkat kedetailan yang berlipat. Prediksi mengenai hal ini sangat mungkin terjadi dalam kondisi nyata lubang hitam.


Beranda di alam semesta yang lain


Konsep Multiverse menyatakan bahwa sesungguhnya alam semesta sebenarnya berjumlah banyak. Tanda kehidupan tidak hanya terbatas di bumi, namun juga terdapat dibelahan dunia lain. Meskipun terdengar seperti dongeng, beberapa peneliti sains menyatakan hal itu bisa terjadi jika terdapat teknologi yang memungkinkan seseorang menuju black hole.


Seorang fisikawan bernama Hugh Everett berkata bahwa Alam semesta tidak berdiri sendiri, terdapat semesta lain yang berjalan seperti kehidupan manusia di bumi.





Posting Komentar untuk "Hal Yang Terjadi Bila Anda Berada Dilubang Hitam"