Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Apa itu Sel ? Cari Tahu 5 Komponen Yang Menyusunnya Disini

 Apa itu Sel ? Cari Tahu 5 Komponen Yang Menyusunnya Disini





Sel adalah bagian terkecil yang membentuk bagian tubuh mahluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Meskipun kecil fungsi sel tidak bisa dianggap remeh. Penelitian tentang sel pertama kali dilakukan pada tahun 1665 Oleh ilmuwan Inggris bernama Robert Hooke. Waktu itu ia sedang mengamati batang pohon mati menggunakan Mikroskop. Ia melihat sebuah rongga-rongga kosong yang dibatasi dengan dinding yang lebih tebal. Dan dari situlah istilah cellulae muncul.


Sel sendiri memiliki 5 Komponen Yang Menyusunnya, mau tahu apa saja ? Simak ulasan berikut ini:


Dinding Sel


Dinding sel merupakan komponen yang hanya ditemukan pada tumbuhan. Seiring waktu berjalan, komponen ini akan lebih kuat dan besar strukturnya. Memiliki fungsi vital sebagai pelindung protoplas, pembatas, memperkuat sel, mencegah keluarnya cairan tumbuhan dan mempengaruhi bentuk sel. 


Dinding Sel sendiri memiliki 3 bagian yaitu: Lamela tengah, dinding sel primer dan dinding sel sekunder.


Membran Plasma


Membran plasma memiliki nama lain selaput plasma atau Membran sel. Bagian ini terletak paling luar, yang terdiri dari berbagai molekul, yang berfungsi untuk membran plasma secara utuh. Membran plasma juga berperan untuk melindungi sel dari trauma eksternal, contohnya seperti benturan.


Membran sel merupakan selaput yang selalu menyelubungi sel, bukan tanpa alasan, membran sel memang memiliki tugas untuk membatasi nukleus dan sitoplasma.


Fosfolipida


Adalah salah satu bagian penting dari sebuah sel dan pembentuk utama membran sel. Fosfolipida termasuk dari dua molekul yaitu molekul fosfat dan molekul lemak. Perbedaan keduanya terletak pada posisinya. Molekul fosfat dalam membran sel, sedangkan molekul lemak berada ditengah-tengah.


Secara fisik fosfolipida terdiri dari tulang punggung gliserol terikat antara 1 - 3 Lemak. Dan keberadaannya bisa ditemukan organ vital salah satunya jantung.


Protein Membran


Menurut Wikipedia protein membran adalah protein yang berinteraksi dengan,l atau bagian dari membran biologis. Letak dari komponen sel ini berada di bagian membran dan fosfolipida dan ukurannya bisa 50 % daripada membran ya ia tempati.


Protein membran tentu memiliki fungsi penting seperti media keluar masuknya zat menuju sel, memberikan struktur perlindungan untuk bagian sel bagian dalam membran, menghubungkan sel dengan bagian eksternal dan lain sebagainya.


Inti sel


Merupakan komponen paling menonjol dalam sel, sering disebut juga dengan istilah nukleus. Inti sel berada dalam lapisan inti dan memiliki kromosom. Inti sel mengandung informasi mengenai DNA Mahluk hidup dan dimanfaatkan manusia untuk indentifikasi forensik. Jika dilihat dari mikroskop bentuk lonjong membulat.


Inti sel memiliki fungsi penting sebagai pengendal utama aktivitas dalam sel.






Posting Komentar untuk "Apa itu Sel ? Cari Tahu 5 Komponen Yang Menyusunnya Disini"