Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Penyebab Leukosit Tinggi, Apa Saja ?

 

Penyebab Leukosit Tinggi, Apa Saja ?

Penyebab Leukosit Tinggi, Apa Saja ? - leukosit atau sel darah putih normalnya berjumlah sekitar satu persen dari jumlah keseluruhan darah yang ada di dalam tubuh manusia.

Walaupun jumlahnya sedikit, leukosit atau sel darah putih memiliki peran yang sangat besar terutama bagi kesehatan tubuh manusia, hal ini dikarenakan fungsi dari leukosit atau sel darah putih sebagai pelindung tubuh dari berbagai serangan bibit-bibit penyakit. leukosit atau sel darah putih bertugas untuk membentuk imun tubuh dengan melawan dan memakan semua bibit-bit penyakit seperti bakteri dan virus yang bersarang di dalam tubuh. 

Jika di dalam tubuh seseorang sedang bersarang suatu penyakit, leukosit atau sel darah putih akan meningkatkan jumlah dirinya untuk melawan penyakit tersebut, peningkatan jumlah dari leukosit atau sel darah putih ini tergantung dari kekuatan bibit penyakit yang menyerang. 

 

Komponen komponen Leukosit

Leukosit atau sel darah putih diproduksi oleh sum-sum tulang belakang. leukosit atau sel darah putih yang telah diproduksi memiliki umur yang tidak panjang sekitar 1 sampai 3 hari saja. leukosit atau sel darah putih terbagi :

·         Monosit merupakan komponen leukosit atau sel darah putih yang bertugas untuk memecah serta melawan bibit-bibit penyakit yang ada di dalam tubuh

·         Limfosit merupakan komponen leukosit atau sel darah putih yang bertugas untuk membentuk antibodi tubuh

·         Neutrofil merupakan komponen leukosit atau sel darah putih yang bertugas untuk membentuk perlawanan pada tingkatan pertama pada berbagai jenis infeksi.

·         Basofil merupakan komponen leukosit atau sel darah putih yang bertugas untuk memberikan sinyal saat ada infeksi yang menyerang.

·         Eosinofil merupakan komponen leukosit atau sel darah putih yang bertugas untuk melawan semua bakteri yang bersarang di dalam tubuh.

 

Beberapa Penyebab Leukosit Tinggi

Jumlah leukosit atau sel darah putih normalnya sekitar 4.500 sampai 10.000 sel per mikroliter. Ketika tubuh seseorang memiliki jumlah leukosit atau sel darah putih yang terlalu tinggi maka hal tersebut dapat berarti leukosit atau sel darah putih atau anda sedang sakit dikarenakan leukosit atau sel darah putih itu sendiri. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab leukosit tinggi, di antaranya:

1.      Produksi leukosit atau sel darah putih menjadi tinggi dibandingkan biasanya karena leukosit atau sel darah putih bekerja melawan infeksi dalam tubuh.

2.      leukosit atau sel darah putih menjadi lebih banyak jumlahnya karena bereaksi terhadap jenis obat-obatan tertentu.

3.      leukosit atau sel darah putih menjadi lebih tinggi jumlahnya dikarenakan ada masalah dengan sum-sum tulang belakang sehingga membuat produksi leukosit atau sel darah putih meningkat.

4.      leukosit atau sel darah putih tinggi dikarenakan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

5.      Penyebab kelebihan leukosit atau sel darah putih karena tubuh sedang stres

6.      leukosit atau sel darah putih tinggi karena seseorang sedang mengonsumsi obat-obatan yang mengandung anti peradangan

7.      leukosit atau sel darah putih tinggi disebabkan mengonsumsi rokok berlebihan yang sudah dilakukan beberapa tahun. 

Selain penyebab-penyebab di atas, leukosit atau sel darah putih dapat meningkat jumlahnya dikarenakan seseorang sedang menderita suatu penyakit yang disebabkan oleh leukosit atau sel darah putih itu sendiri misalnya;

Leukimia
Merupakan salah satu macam kanker yang menyerang sumsum tulang belakang, sehingga dapat mempengaruhi proses produksi lomfosit dan mieloid

Mielofibrosis
Merupakan kelainan yang diderita oleh sum-sum tulang belakang yang dapat menyebabkan tubuh memproduksi leukosit atau sel darah putih dalam jumlah yang lebih banyak dari pada biasanya.

Itulah beberapa penyebab leukosit tinggi pada seseorang, semoga bermanfaat untuk Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu.

 

Posting Komentar untuk "Penyebab Leukosit Tinggi, Apa Saja ?"