Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

 

Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya - Sobat pernah mendengar atau memanfaatkan Matahari untuk Menyalakan api dengan bantuan Kaca Pembesar.? jika sobat pernah melakukannya berarti sobat termasuk orang yang sama penasarannya seperti admin.

Itulah salah satu contoh sederhana dari pemanfaatan Tenaga Matahari, nah di kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk membahas mengenai Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya. saya yakin sobat tentu saja sudah tidak asing dengan yang satu ini, karena di Tempat tinggal kita atau di Jalan-jalan biasanya ada PLTS untuk Lampu jalan atau pun lampu taman.

Akan tetapi belum tentu sobat memahami prinsip dan cara Kerjanya bukan, Oleh karenanya pada kesempatan kali ini artikel ini hadir untuk membantu sobat semuanya, mari kita simak langsung di bawah ini.

Membaca judul di atas pastinya kalian semua tahu bahwa dalam informasi kali ini kita akan menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan pemusatan dan pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya atau yang biasa dikenal dengan PLTS.

 

Bagaimana Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

PLTS dianggap bisa menjadi sumber energi di bumi, selain karena ramah lingkungan, teknologi dari PLTS memiliki beberapa kelebihan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut kami bagikan informasi yang berkaitan dengan PLTS.

Pemanfaatan PLTS untuk masyarakat salah satu contohnya adalah dengan menerapkan sistem rumah bertenaga solar. Energi ini biasa dikenal dengan sebutan SHS. Dengan menggunakan sistem ini, beberapa desa kecil tertentu bisa memanfaatkan sinar dan panas matahari untuk menghidupkan listrik. Hanya saja PLTS memiliki skala kecil dan dipakai secara desentralisasi dari satu sumber tenaga listrik.

Prinsip dasar dari PLTS adalah dengan mengubah energi matahari menjadi energi listrik yang bermanfaat untuk kehidupan di bumi. Pembangkit listrik bertenaga surya ini ditempuh dengan dua cara, yaitu dengan penggunaan langsung dan penggunaan tidak langsung yang berasal dari energi matahari fotovoltaik dengan konsentrasi.

Fotovoltaik ini mampu mengubah energi cahaya matahari secara langsung dan menjadikannya aliran listrik yang menggunakan efek foto listrik. Tekniknya dengan menggunakan sistem energi surya yang menggunakan sebuah lensa dan dikombinasikan dengan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari menjadi satu titik dan mendorong mesin panas yang bisa menghasilkan listrik.

Dengan menggunakan sistem seperti ini maka panas matahari tersebut akan menggerakkan generator dan mengalirkan listrik ke berbagai saluran. Selain menggunakan generator, ada juga yang menggunakan teknik parabola cermin untuk membangkitkan tenaga surya.

Didukung dengan reflektor lensa Fresnel dan menara surya yang dipercaya sebagai alat canggih dalam menyerap panas matahari. Dan fluida yang ada pada 2 alat tersebut mampu menyerap panas dan menggerakkan turbin untuk menyimpan energi matahari dan pada akhirnya mengalirkan arus listrik.

 

Di beberapa daerah telah menerapkan PLTS dan memanfaatkan energi matahari sebagai salah satu sumber kehidupan. Dengan begitu tidak ada panas yang sia-sia, karena ternyata panas matahari pun bisa dimanfaatkan untuk membuat listrik. Dibutuhkan teknologi yang memadai dan sistem yang berjalan lancar agar bisa menyerap energi matahari dan mengalirkan arus listrik dengan baik.

Dengan memanfaatkan tenaga surya sama halnya kita menghemat energi dari bumi yang menghabiskan banyak dana dalam melakukan perawatan dan penggunaannya. Selain itu menggunakan energi matahari jauh lebih ramah lingkungan sehingga tidak merusak ataupun mengganggu keseimbangan alam.

PLTS telah diuji dengan baik dan dipercaya bisa menjadi solusi bagi mereka yang menginginkan listrik murah dan ramah lingkungan. Banyak perumahan modern yang berlomba untuk menerapkan sistem PLTS di perumahan mereka.

Saya rasa artikel kali ini kita cukupkan sampai di sini dahulu ya sobat, semoga penjelasan tentang Pemanfaatan Pembangkit Tenaga Listrik di atas bisa bermanfaat untuk Anda dan kita semua karena sudah Waktunya Anda Tahu.

 

 


Posting Komentar untuk "Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya"