Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hewan Hewan Langka di Indonesia dan Keterangannya

 

Hewan Hewan Langka di Indonesia dan Keterangannya

Hewan Hewan langka di Indonesia dan keterangannya – Di alam semesta ini, terdapat banyak sekali jenis makhluk hidup selain manusia. Jenis makhluk hidup tersebut antara lain adalah jenis flora dan juga fauna. Di dunia ada banyak sekali jenis flora dan fauna, termasuk di Negara Indonesia.

Sayangnya, akhir-akhir ini sudah banyak jenis flora maupun fauna yang telah langka, hal ini banyak disebabkan karena banyaknya orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga ia melakukan pemburuan secara liar. Hal tersebut merupakan faktor yang paling dominan dalam kasus terjadinya hewan dan tumbuhan langka yang terjadi.

Memang pada dasarnya jenis-jenis tumbuhan juga ada yang sudah mulai langka karena populasinya yang mulai sedikit. Salah satu jenis tumbuhan yang masuk dalam jenis tumbuhan langka adalah tumbuhan kantong semar. Namun kali ini yang akan saya bahas adalah masalah hewannya terlebih dahulu. Untuk sejenak kita tinggalkan masalah tumbuhan langka dan lebih fokus ke jenis hewan hewan langka di Indonesia dan keterangannya.

Jika di lihat secara kasat mata, memang masih ada banyak hewan yang hidup di alam semesta ini, akan tetapi jika dilihat dengan cermat ada beberapa jenis hewan yang sudah mulai sulit untuk di temukan, hal ini karena jumlah dari jenis hewan tersebut sudah mulai sedikit, hal seperti inilah yang disebut dengan hewan langka.

Tahukah anda, apa saja hewan hewan langka yang ada di Indonesia? Jika anda tidak tahu dan punya keinginan untuk mencari tahu hal tersebut, maka tepat sekali jika anda membaca penjelasan berikut.

 

Hewan hewan langka di Indonesia

Hewan langka adalah hewan yang populasinya sudah mulai sedikit. Hewan langka terjadi karena adanya pemburu liar yang tidak bertanggung jawab, mereka hanya memikirkan kesenangannya sendiri tanpa memikirkan populasi hewan yang diburunya.

Kebanyakan hewan hewan langka di Indonesia saat ini sudah mulai di lindungi keberadaannya oleh pemerintah dengan diletakkan di suaka marga satwa, hal ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah untuk melindungi hewan hewan langka supaya tidak benar benar terjadi kepunahan.

Salah satu contoh hewan langka yang ada di Indonesia adalah badak bercula satu. Jika anda bisa melihat dengan cermat, untuk saat ini, sangat sulit bukan untuk dapat melihat badak bercula satu? Hal ini dikarenakan jumlah populasi dari hewan yang satu ini sudah mulai langka. Maka dari itu pemerintah memasukkan badak bercula satu sebagai salah satu jenis hewan yang langka dan di lindungi.

 

Hewan hewan langka di Indonesia dan keterangannya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, hewan langka adalah hewan yang memiliki jumlah populasi sedikit. Berikut adalah beberapa jenis hewan langka di Indonesia dan keterangannya :

 

Badak bercula satu. Hewan ini adalah hewan yang paling langka saat ini di Indonesia karena jumlah populasinya hanya sekitar 35 spesies saja. hewan ini berhabitat di taman nasional ujung kulon. Badak bercula satu merupakan hewan yang di lindungi oleh pemerintah dengan di masukkan ke dalam suaka marga satwa

Beruang madu. Hewan ini merupakan maskot bagi kota Balikpapan dan juga Bengkulu. Beruang madu adalah jenis hewan yang di lindungi, jenis hewan ini sudah mulai sulit untuk ditemukan di alam bebas. Nama latin dari beruang madu adalah helarctos malayanus. Hewan ini bertubuh gelap dan memiliki bulunya yang berwarna putih kekuning-kuningan di dadanya dengan membentuk seperti huruf v.

Badak. Badak menjadi hewan langka berikutnya yang tinggal di Indonesia. Badak merupakan mamalia berukuran besar dengan berat mencapai 1000 – 3000 kg. Tinggi bahu mencapai 200 cm dengan lengan pendek dan kokoh. Dari data BPS, diketahui bahwa pada 2017, populasi badak hanya ada 80 ekor.

Orang Utan. Dilansir World Wide Fund (WWF) Indonesia, terdapat 3 spesies orang utan yang hidup di Indonesia, yakni orang utan Sumatera, orang utan Kalimantan, dan orang utan Tapanuli. Penyebab utama orang utan dilindungi adalah rusaknya hutan sebagai habitat utama mereka.

Harimau Sumatra. Harimau Sumatra berstatus kritis dan dilindungi, populasi mereka diperkirakan tersisa sekitar 400 ekor di alam liar. Meski dilindungi secara hukum, populasi harimau Sumatera masih mengalami penurunan.

Burung Cenderawasih. Semua spesies burung cenderawasih saat ini diduga tinggal berjumlah 30 jenis yang dilindungi mutlak secara hukum. Maka dari itu, spesies burung cenderawasih tak boleh diburu atau diperdagangkan.

Komodo. Komodo merupakan spesies purba dan langka yang hampir punah. Reptil besar ini hanya dapat ditemui di Taman Nasional Komodo. Sejak tahun 1986, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO karena keunikan dan kelangkaan komodo.

 

Demikianlah beberapa dari hewan hewan langka di Indonesia dan keterangannya yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu.

Posting Komentar untuk "Hewan Hewan Langka di Indonesia dan Keterangannya"