Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Akar Pada Tumbuhan, Apa Saja ?

 

Fungsi Akar Pada Tumbuhan adalah

Fungsi akar pada tumbuhan – Tumbuhan adalah makhluk hidup yang tinggal di alam semesta ini. Tumbuhan memiliki banyak sekali jenisnya seperti tumbuhan berpembuluh, tumbuhan biji, dan jenis tumbuhan-tumbuhan yang lainnya.

Setiap jenis tumbuhan yang hidup di dunia ini memiliki organ tubuh berupa akar, batang, daun, bunga dan juga buah. Masing-masing organel tersebut memiliki tugas dan fungsi masing-masing.

Pembahasan pada postingan kali ini tidak akan membahas semua jenis organel yang terdapat di dalam tubuh tumbuhan seperti yang telah disebutkan di atas, namun di sini hanya akan membahas tentang bagian akarnya saja. Untuk bagian-bagian tubuh tumbuhan yang lain seperti batang, daun, bunga, dan juga buah mungkin akan di bahas dalam kesempatan yang lainnya.

Apa Fungsi Akar Pada Tumbuhan ?

Anda semua pasti sudah tahu bahwa setiap tumbuhan memiliki akar dalam tubuhnya, baik akar itu terlihat oleh mata karena tidak terkubur dalam tanah, maupun akar yang tidak terlihat karena terkubur dalam tanah. Perlu Anda semua ketahui bahwa akar-akar yang terdapat di dalam tubuh tumbuhan tersebut memiliki fungsi bagi kehidupan tumbuhan itu sendiri. Apa fungsi akar pada tumbuhan? berikut pembahasannya.

Fungsi akar tumbuhan

Sebelum dibahas masalah fungsinya, kita bahas dahulu apa itu akar? Akar adalah bagian tubuh tumbuhan yang terletak di ujung tubuh tumbuhan, akar pada tumbuhan biasanya terletak di dalam tanah, meskipun ada beberapa tumbuhan yang memiliki akar yang tidak tertanam di dalam tanah seperti pada tumbuhan teratai dan juga eceng gondok. Namun kebanyakan tumbuhan memiliki akar yang tertanam dalam tanah.

Setiap tumbuhan memiliki jenis akar masing-masing seperti akar serabut, akar yang menjalar dan akar yang tunggang. Masing-masing akar tersebut memiliki fungsi bagi tumbuhan tersebut. Beberapa fungsi akar pada tumbuhan adalah sebagai berikut :

·         Sebagai alat untuk menyokong badan tumbuhan agar tumbuhan dapat berdiri dengan kokoh

·         Sebagai alat untuk menyerap kandungan garan mineral, air, dan juga zat hara yang ada di dalam tanah

·         Sebagai alat pengangkut zat makanan dan juga air

·         Sebagai alat respirasi untuk tumbuhan tertentu

·         Sebagai alat untuk menyimpan cadangan makanan

 

Tumbuhan adalah jenis makhluk hidup yang memiliki banyak jenisnya. Tumbuhan memiliki organ organ di dalam tubuhnya yang berfungsi untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Bagian bagian dari organ yang ada di dalam tubuh tumbuhan adalah batang, akar, daun, bunga dan juga buah. Salah satu bagian tersebut telah di bahas di atas. Untuk bagian yang lainnya akan dibahas pada postingan postingan berikutnya. Kita tinggalkan dulu tentang organ tubuh tumbuhan, kita bahas dulu tentang tumbuhan itu terlebih dahulu. Tumbuhan yang hidup di alam semesta ini memiliki fungsi yang sangat banyak khususnya untuk manusia. Berikut adalah fungsi tumbuhan :

·         Sebagai salah satu penghasil bahan makanan

·         Sebagai salah satu bahan untuk pembuat kayu bangunan

·         Sebagai salah satu penghijauan yang dapat menyejukkan alam

·         Sebagai alat untuk menghindari terjadinya tanah longsor

 

Nah, itulah tadi bahasan kami mengenai apa saja fungsi akar pada tumbuhan dan juga fungsi-fungsi tumbuhan untuk kehidupan manusia. Semoga bermanfaat untuk Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu.

Posting Komentar untuk "Fungsi Akar Pada Tumbuhan, Apa Saja ?"