Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali 4 Mamalia Kecil Yang Bentuknya Mirip Tikus

 

Kenali 4 Mamalia Kecil Yang Bentuknya Mirip Tikus

Kenali 4 Mamalia Kecil Yang Bentuknya Mirip Tikus - Tikus adalah hewan mamalia yang terkenal memiliki persebaran cepat hingga pelosok dunia. Hampir setiap bangunan dibumi ini pasti dihuni oleh tikus. Sebagai mamalia pengerat hewan ini sering di buru oleh manusia karena dianggap mengganggu. Tikus dianggap sebagai sumber penyakit dan hama tanaman.

Namun tahukah sahabat bahwa ada hewan-hewan mamalia yang bentuknya mirip tikus ?

Jika penasaran silakan simak artikel 4 mamalia kecil yang bentuknya mirip tikus berikut ini.

 

Celurut

Celurut adalah mamalia kecil yang bentuk rupanya sangat mirip tikus, banyak orang yang mengira keduanya adalah spesies yang sama. Celurut masuk dalam ordo Eulipotyphla dan keluarga Soricidae.

Celurut memiliki penampilan yang berbeda dari tikus terutama pada bagian moncongnya yang lebih runcing. Karakter makanan dari keduanya juga berbeda. Bila tikus adalah omnivora sedangkan celurut ada karnivora yang sepenuhnya memakan daging. Total di seluruh dunia, celurut memiliki 385 Jenis.

Celurit ini memiliki sifat yang rakus dan menghabiskan sumber makanan yang ada di tempatnya. Untuk mencari mangsa celurut menggunakan racun dari gigitannya.

 

Celurut Gajah

Celurut gajah dikenal sebagai hewan mirip tikus yang berukuran besar. Hewan ini termasuk ordo macroscelidea dan kelas Afrotheria. Dengan demikian celurut ini memiliki kekerabatan dengan gajah.

Celurit gajah memiliki 19 Spesies dengan ciri menonjolnya terletak bagian moncongnya yang mirip dengan belalai gajah. Uniknya, meski masih berkerabat dengan gajah cara berjalan curut ini malah mirip kelinci.

Celurit gajah juga dikenal ukurannya yang lebih besar daripada celurut lain sekitar 20 - 30 cm. Untuk makanannya, celurut gajah suka memakan serangga kecil seperti jangkrik, laba-laba atau cacing.

 

Anthecinus

Anthecinus adalah hewan mamalia berkantung atau disebut marsupial yang hidup di daratan Australia. Hewan ini juga sering disamakan dengan tikus. Di dunia ada 15 Jenis Anthecinus yang mayoritas berhabitat di Australia.

Sama dengan celurut, hewan ini bersifat karnivora yang membuatnya sering memburu hewan lain. Seperti laba-laba, jangkrik bahkan ayam.

Anthecinus memiliki masa kawin yang unik, si pejantan akan membuahi semua betina yang ditemuinya tanpa istirahat. Perkawinan berakhir apabila si pejantan kelelahan atau mati.

 

Dunhart

Australia memang surganya hewan pengerat, selain anthecinus ada juga hewan bernama dunhart yang penampilannya mirip tikus. Dunhart sering ditemukan pada habitat padang kering. Mereka suka bersembunyi di rerumputan dan termasuk hewan noctural yang aktif di malam hari.

Dunhart mempunyai daya adaptasi yang bagus pada lingkungan kering. Mereka menyimpan lemak di ujung ekor, sebagai sumber energi. Hewan ini juga mampu mengatur metabolismenya agar sesuai tempatnya tinggal.

Dunhart juga seekor karnivora yang gemar memburu hewan-hewan kecil sebagai makanannya.

  

Itulah informasi tentang 4 mamalia kecil yang bentuknya mirip tikus yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi dengan watahu.com.

 

Posting Komentar untuk "Kenali 4 Mamalia Kecil Yang Bentuknya Mirip Tikus"