Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Kecanduan Game Pada Anak

 

Dampak Kecanduan Game Pada Anak

Dampak Kecanduan Game Pada Anak – Bermain game adalah salah satu hobi yang menyenangkan yang disukai oleh anak-anak. Game adalah salah satu inovasi dibilang teknologi yang tentu memiliki manfaat digunakan dalam porsi yang tepat.

Genre game yang beragam membuat anak sangat betah memainkannya. Game bisa dijadikan wadah untuk meningkatkan IQ dan kreativitas dan konsentrasi anak.

Namun penggunaan game pada anak harus dengan pengawasan orang tua. Karena game bisa membuat kecanduan dan menimbulkan dampak buruk bagi anak. Seperti berkurangnya semangat belajar dan terganggunya kemampuan sosial.

Jika anak bunda sudah berlebihan memainkan game, silakan simak artikel bahaya dampak kecanduan game pada anak berikut ini:

Mendapatkan Gangguan Kesehatan baik fisik maupun psikis

Anak yang kecanduan bermain game tentu beresiko terkena gangguan kesehatan. Karena saat bermain game, anak akan berkurang geraknya dan mata harus terkena paparan cahaya handphone atau laptop.

Bermain game secara berlebihan akan meningkatkan resiko obesitas pada anak. Berat anak jadi gemuk karena kurangnya waktu berolahraga. Selain itu mata juga akan lelah dan berakibat pada mata yang mengalami rabun jauh. Tentu bisa membuat anak kesulitan melihat sesuatu pada jarak yang jauh.

Resiko ini bisa meningkatkan bila anak juga tidak terkontrol pola makannya. Makan junk food, berlemak tinggi dan tidak menerapkan prinsip makan 4 Sehat 5 Sempurna.

Anak jadi lebih cepat emosi

Game akan menjadi sesuatu yang positif bila memiliki konten yang sesuai dengan kebutuhan anak. Namun faktanya banyak sekali ditemukan game-game yang tak ramah anak namun dengan bebas dimainkan. Game yang mengandung konten kekerasan, pornografi dan konten negatif lainnya akan berdampak buruk pada psikis anak. Mereka bisa meniru adegan-adegan yang ada di dalam game.

Konten kekerasan juga memicu anak berperilaku lebih agresif. Emosi jadi tidak stabil dan tidak mau mendengar perintah orang tua. Ini dikarenakan karena kendala diri pada anak mengalami gangguan karena efek game yang negatif.

Lupa waktu

Anak yang terlalu larut dalam bermain game akan membuatnya lupa waktu. Tidak bisa membagi waktu antara bermain, belajar dan bersosialisasi. Bahkan ada yang lupa makan karena terlalu asyik bermain game. Ini terjadi karena sifat game yang menimbulkan kecanduan. Dan nantinya akan berdampak pada menurunnya prestasi anak disekolah dan mengganggu perkembangan emosinya.

Anak lebih suka mengasingkan diri

Salah satu dampak paling fatal jika orang tua tidak bisa membatasi waktu bermain anak adalah anak menjadi suka mengasingkan diri, terlalu larut dalam dunianya sendiri hingga Mengurangi kemampuannya dalam bersosialisasi.

 

Demikianlah bahasan kami mengenai bahaya dampak kecanduan game pada anak dari kami. Semoga bermanfaat untuk Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu.

Posting Komentar untuk "Dampak Kecanduan Game Pada Anak"