Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ciri Orang Yang Memiliki Empati Tinggi

 

5 Ciri Orang Yang Memiliki Empati Tinggi

5 Ciri Orang Yang Memiliki Empati Tinggi - Empati merupakan karakter yang semestinya dimiliki setiap manusia. Ikatan emosional dan sosial membuat seseorang peduli dengan sesamanya. Dengan empati kita akan peduli, perasaan kita akan saling terhubung. Sehingga saat melihat orang lain kesusahan, kita akan membantu meringankan beban mereka.

Namun tidak semua orang memiliki empati yang sama, ada yang egois atau individualis dan hanya peduli dengan diri sendiri. Semoga kita bukanlah orang dengan ciri seperti ini.

Lalu bagaimana ciri orang yang memiliki empati ? Silakan simak artikel 5 Ciri Orang Yang Memiliki Empati Tinggi berikut ini:

 

Tidak menghakimi pendapat orang lain

Orang yang memiliki empati tinggi memiliki kepekaan terhadap orang lain. Tidak suka menghakimi dan menyalahkan orang lain. Mereka juga suka mendengarkan keluh kesah orang lain tanpa memotong pembicaraan.

Apakah kita sudah memiliki kebiasaan seperti ini ? Menghargai perbedaan pendapat merupakan salah satu langkah untuk belajar berempati dengan orang lain. Jangan suka menyalahkan seseorang,  karena setiap orang tentunya punya persepsi dan sudut pandang berbeda.

 

Selalu Berpikir Positif Terhadap Orang Lain

Ciri lain orang berempati tinggi adalah adalah pikirannya yang selalu positif terhadap orang lain. Membiasakan untuk husnuzon dari pada berprasangka buruk. Oleh karena itulah, orang yang memiliki empati tinggi mudah diterima orang. Namun karena karakter ini, orang yang berempati tinggi juga sering dimanfaatkan orang, karena mudah percaya dengan orang lain.

 

Perasaan sensitif dan tidak Enakan

Orang berempati tinggi dikenal peduli dengan kebutuhan orang lain yang tak jarang menomorduakan dirinya sendiri. Perasaan tidak enak dan sering mengalah demi kepentingan orang lain. Namun hal ini perlu dibatasi agar kita tidak tidak jadi seseorang people pleaser alias dimanfaatkan oleh orang lain. Memiliki empati memang baik, tapi harus dengan porsi yang pas.

 

Memiliki Institusi Yang Kuat

Ciri orang yang berempati adalah selalu melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Ia selalu memikirkan sebab-akibat yang akan diterima orang lain. Karena cara berpikirnya ini akhirnya ia selalu peduli dengan sesama. Tumbuh dengan intuisi yang kuat dan selalu terlibat pada situasi-situasi sosial.

 

Mendahulukan kepentingan orang

Ciri terakhir yang dimiliki orang berempati tinggi adalah kebiasaannya yang selalu mendahulukan kepentingan orang lain. Ia sangat peduli dengan sesama. Perasaannya begitu terikat dan ingin terlibat setiap melihat orang lain kesusahan. Jika orang lain merasa sakit ia akan ikut merasa sakit begitu juga sebaliknya.

Orang berempati bukan hanya merasakan perasaan orang lain, namun ia buktikan juga dengan tindakan nyata yang langsung bisa dirasakan.

 

Itulah tadi Sob, bahasan kami mengenai 5 ciri orang yang memiliki empati tinggi. Semoga ada manfaatnya buat Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu.

Posting Komentar untuk "5 Ciri Orang Yang Memiliki Empati Tinggi"