Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Propolis Untuk Kesehatan, Salah Satunya Jarang Yang Tahu

 

5 Manfaat Propolis Untuk Kesehatan, Salah Satunya Jarang Yang Tahu

5 Manfaat Propolis Untuk Kesehatan - Banyak iklan baik di tv maupun radio yang menawarkan propolis sebagai obat alternatif yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Propolis sendiri sudah lama dikenal sebagai bahan herbal tradisional yang digunakan secara turun temurun.

Bagi yang belum tahu sebenarnya propolis adalah lapisan yang membantu terbentuknya sarang lebah. Propolis merupakan campuran dari getah pohon, lilin lebah dan kotoran yang menjadi cairan lengket berwarna coklat dan menjadi lapisan dari sarang lebah.

Selain madu, propolis juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan. Bangsa Asiria menggunakannya untuk mengatasi tumor. Bangsa Mesir menggunakannya untuk menyembuhkan abses.

Tak hanya itu saja, ada banyak manfaat propolis yang akan dibahas dalam uraian berikut ini:

 

Mempercepat Penyembuhan Luka

Bagi anda yang mengalami luka seperti luka operas atau tergores bisa mengonsumsi propolis ini sebagai obat. Propolis mengandung pinocembrin yang merupakan bentuk flavonoid yang bersifat anti inflamasi, anti bakteri dan anti jamur.

Menurut study ilmiah berjudul Propolis: a new frontier for wound healing ? Menyebutkan bahwa propolis mempercepat Penyembuhan kulit yang terluka karena luka bakar. Sel-sel baru terbentuk lebih cepat dibandingkan bila tidak mengkonsumsi propolis. Pada luka operasi, propolis mampu meminimalisir efek peradangan yang diakibatkan oleh sel mati.

 

Menyembuhkan Herpes Genital

Banyak sekali salep anti herpes yang mencampurkan propolis dalam produknya. Propolis memang memiliki keefektifan tinggi dalam meredakan gejala herpest. Seorang peneliti bernama Jose M Sforcin memberikan instruksi, bila mengapa luka dingin oleskan saja propolis pada bagian yang luka 3 kali sehari.

Obat herpes dengan kombinasi propolis bukan hanya menyembuhkan herpes genital tapi juga memberikan perlindungan ekstra agar penyakit ini tidak kembali terjadi.

 

Menyembuhkan Sel Kanker

Kanker sering jadi momok dalam dunia kesehatan. Penyakit yang sering menjadi penyebab kematian dan kasusnya pun dari tahun ke tahun selalu tinggi. Namun dengan adanya propolis, bisa dijadikan herbal alternatif untuk menghambat penyebaran sel kanker.

Jurnal berjudul The immunomodulatory and anticancer properties of propolis. Menjelaskan bahwa propolis bisa menghentikan penyebaran sel kanker, mengurangi pembesaran sel kanker dan mematikannya. Propolis juga bersifat anti tumor. Karena hal inilah banyak pakar kesehatan merekomendasikan propolis sebagai pendamping Obat

 

Mengobati Diabetes

Jika anda sedang mencari solusi terjangkau untuk menyembuhkan diabetes, maka propolis bisa jadi solusinya. Permasalahan kadar gula tinggi pada penderita diabetes akan dinetralisir oleh propolis. Karena herbal ini bisa mengontrol jumlah insulin.

Propolis bekerja sebagai hipoglikemik yang bisa dikonsumsi secara jangka panjang oleh penderita diabetes.

 

Mengobati Demam Berdarah

Propolis memang kaya akan manfaat termasuk dalam mengobati demam berdarah. Sebuah penelitian yang dilakukan di RS Persahabatan menyatakan bahwa pemberian 300 Miligram propolis setiap hari mampu memulihkan kondisi penderita demam berdarah. Kadar trombosit juga meningkatkan secara lebih cepat.

Dalam kurun waktu 3 hari, propolis bisa menurunkan panas tinggi yang biasanya dirasakan penderita demam berdarah.

 

Demikianlah 5 Manfaat Propolis Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat untuk Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu.


Posting Komentar untuk "5 Manfaat Propolis Untuk Kesehatan, Salah Satunya Jarang Yang Tahu"