Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Paru-Paru

 

cara ampuh menjaga kesehatan paru-paru

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Paru-Paru - Paru-paru adalah organ yang berfungsi mengatur pernafasan manusia, bila paru-paru mengalami gangguan pasti akan berakibat buruk pada kesehatan. Menjaga kondisinya agar tetap prima adalah tanggung jawab kita.

Belum lagi dengan adanya fakta survei dari WHO yang menyatakan bahwa penyakit paru-paru adalah penyakit terbanyak nomor 3 yang diderita oleh masyarakat Indonesia. Bahkan dalam cakupan Asia tenggara kasus kematian akibat gangguan paru-paru diindonesia merupakan yang tertinggi.

Maka dari itu menjaga kesehatan paru-paru harus segera dilakukan berikut ini langkah-langkahnya:

Tidak merokok

Dari pada kebaikannya rokok lebih banyak buruknya. Rokok mempunyai sifat adiktif yang membuat orang kecanduan bahkan bahan-bahan yang ada di dalamnya bersifat destruktif. Penyakit seperti asma, bronkitis, TBC dan kematian bisa terjadi karena kebiasaan mengonsumsi rokok.

Dalam satu hisapan kita sudah mengonsumsinya berbagai zat mematikan seperti nikotin, tar serta karbon monoksida. Jika Anda bukan perokok jangan coba merokok namun bagi Anda yang sudah terlanjur merokok berhentilah. Karena rokok akan merusak paru-paru.

Rajin berolahraga

Olahraga bukan hanya untuk membakar lemak tapi juga untuk meningkatkan kinerja organ tubuh. Orang yang membiasakan diri berolahraga akan menurunkan risiko penyakit jantung dan paru-paru. Lakukanlah olahraga raga seperti: aerobik dan joging selama 20 menit per hari. Agar semakin optimal kita juga bisa melakukan aktivitas angkat beban seperti mengangkat barbel setidaknya 2 Minggu sekali.

Untuk melatih kekuatan paru-paru rutinlah untuk berlatih bernafas secara rileks. Ambil nafas sedalam-dalamnya dan keluarkan secara perlahan. Ketika mengeluarkan nafas fokuslah pada bagian diafragma yang letaknya di bawah dada. Dengan latihan rutin kita akan mendapat hasil yang diinginkan.

Hindari polusi udara di luar

Selain merokok hal yang mengakibatkan paru-paru menjadi sakit adalah polusi udara. Seiring bertambahnya umur fungsi paru-paru juga mengalami penurunan. Saat usia muda paru-paru bisa menangkal berbagai racun yang bertebaran namun saat usia tua kita harus mengawasi kondisi paru-paru kita.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah belajar berhenti merokok, jika keluar rumah selalu membawa masker dan jangan lupa Hindari tempat-tempat yang menjadi sumber polusi udara

Menjaga kebersihan tempat tinggal

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah rajin membersihkan rumah. Selain polusi yang diakibatkan oleh lingkungan luar ternyata polusi juga bisa berasal dari dalam rumah bahkan efeknya lebih berbahaya. Polusi seperti debu, bahan pembersih kimia, serta sisa kotoran hewan bisa menjadi sumber masalah bagi paru-paru kita.

Lakukan pembersihan tempat tinggal secara rutin, jangan biarkan kotoran menumpuk karena bisa menjadi penyebab alergi. Agar sirkulasi udara Berjalan lancar selalu bukalah jendela agar kotoran bisa keluar.

Minum air putih rutin

Minum air putih juga bisa dibiasakan karena sangat bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru. Perlu diketahui paru-paru dilindungi oleh selaput lendir yang perlu dibasahi dengan kita melakukan minum. Air putih bisa melarutkan kotoran-kotoran dalam tubuh. Air putih juga menyeimbangkan selaput lendir agar pernafasan menjadi lancar.

Untuk penderita gangguan pernapasan usahakan untuk rajin minum, terutama dalam keadaan hangat. Minuman yang bagus untuk paru-paru adalah teh hijau karena mengandung antioksidan ECHC yang menjadi pereda paru-paru dan menjaga fungsi paru-paru.

Demikianlah bahasan kami tentang cara ampuh menjaga kesehatan paru-paru. Semoga bermanfaat dan kita semua sehat selalu karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Paru-Paru"