Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kenapa Kita Alami Cegukan Menurut Medis

 

Alasan Kenapa Kita Alami Cegukan Menurut Medis

Alasan Kenapa Kita Alami Cegukan Menurut Medis - Setiap orang pasti pernah alami cegukan. Cegukan merupakan bentuk kontraksi yang mengakibatkan pita suara menutup tiba-tiba dan membuat kadar oksigen dalam tubuh menurun secara drastis. Hal ini sebenarnya bukanlah hal serius, namun bisa mengganggu bila tak kunjung berhenti.

Cegukan bisa terjadi dalam kurun waktu maksimal 30 menit, namun dalam kasus tertentu bisa mencapai waktu 2 hari. Untuk mengetahui tentang apa saja penyebab cegukan, sahabat bisa melihat uraian beberapa alasan kenapa kita alami cegukan menurut medis berikut ini.

Minum-minum bersoda

Minuman bersoda dapat memicu kontraksi pada perut kita. Perlu diketahui minuman bersoda memiliki kadar karbondioksida yang tinggi. Jika diminum secara berlebihan dapat membuat perut dipenuhi udara yang pada akhirnya menimbulkan cegukan.

Secara detailnya bagian nervus fagus akan bermasalah dan mengakibatkan diafragma ikut bermasalah. Dan akhirnya pita suara tertutup mengakibatkan kita mengeluarkan bunyi “hiks” tanda cegukan.

Konsumsi minuman beralkohol

Alkohol adalah minuman berbahaya, baik ditinjau dari sisi kesehatan maupun dari sisi kesehatan, alkohol lebih banyak sisi negatifnya daripada sisi positifnya. Akan sangat berbahaya bila dikonsumsi dalam jangka panjang.

Salah masalah kesehatan yang ditimbulkan dari minuman beralkohol adalah cegukan. Alkohol akan menghilangkan kesadaran, merusak sistem saraf, mengganggu diafragma dan cegukan. Konsumsi makanan sehat agar terhindar dari risiko ini.

 

Banyak makan pedas

Pedas juga merasakan rasa yang sering membuat orang cegukan. Apalagi bila kita memakannya dengan tiba-tiba dan terburu-buru. Cegukan seperti ini tidak usah terlalu dikhawatirkan, karena merupakan hal yang lumrah.

Cegukan yang terjadi karena makanan pedas biasanya akibat kontraksi otot diafragma dan otot intercostal yang letaknya di area tulang belakang. Laring sebagai rongga pernafasan akan tertutup tiba-tiba, dan membuat proses pernafasan tiba-tiba jadi terhambat.

Mengunyah makanan terlalu banyak

Salah satu ciri yang dirasakan oleh banyak orang ketika cegukan karena memakan terlalu banyak. Makanan tidak dikunyah secara lembut, membuat organ pencernaan tidak bisa memroses makanan secara baik. Ini akan mempersempit ruang diafragma dan pada akhirnya terjadilah yang namanya cegukan.

Hal ini bisa kita hindari dengan makan yang santai, tidak terburu-buru, jangan lupa setelah makan, kita bisa minum air putih secara teratur agar cegukan tidak terulang kembali

Makan minum terlalu panas/dingin

Penyebab lain kenapa kita sering cegukan adalah makan minum terlalu panas dan terlalu dingin. Perubahan suhu yang tiba-tiba membuat diafragma menyempit dan akhirnya terjadi kontraksi. Penting untuk makan secara perlahan agar cegukan bisa diminimalisir.

Kurang cairan tubuh

Tubuh harus dipenuhi kebutuhan cairannya agar berjalan dengan baik. Terpenuhinya cairan tubuh akan memperlancar pencernaan, lain halnya jika kita mengalami dehidrasi pencernaan akan terhambat dan akhirnya membuat diafragma terganggu dan puncaknya terjadi cegukan.

Untuk menyembuhkan masalah ini kita bisa mengimbangi makan dengan meminum air putih yang banyak. Air putih akan memperlancar kembali fungsi pencernaan dan mengobati cegukan.

Demikianlah bahasan kami mengenai beberapa alasan kenapa kita alami cegukan menurut medis. Semoga bermanfaat karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Alasan Kenapa Kita Alami Cegukan Menurut Medis"