Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kuliner Lontong Kari Ayam Bandung untuk Lebaran

resep kuliner lontong kari ayam Bandung


Resep Kuliner Lontong Kari Ayam Bandung untuk Lebaran - Bandung dikenal sebagai surganya kuliner. Hidangan seperti siomay, batagor, dan seblak berasal dari daerah Pasundan ini. Namun kali ini kami akan membahas tentang resep kuliner lontong kari ayam.

Hidangan Lontong awalnya berasal dari daerah Jawa tengah, namun telah disesuaikan dengan lidah orang Sunda hingga terciptalah kuliner yang bisa dijadikan menu lebaran ini:

Bahan-bahannya

·         Seekor ayam yang bagi 4 bagian

·         Daun Salam

·         Daun Serai

·         Jeruk Nipis

·         Santan kental dan cair

·         1 Lembar daun jeruk

Bumbu Halus

·         9 Siung bawang merah

·         5 Siung Bawang putih

·         Lengkuas

·         Kunyit

·         Jahe

·         8 Buah Kemiri

·         Bumbu penyedap rasa secukupnya

Bahan Pelengkap

·         Telur

·         Kerupuk

·         Sambal

·         Lontong

Cara Memasaknya

Haluskan dulu bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe beserta penyedap rasa.

Jika sudah, masukan santan dalam wadah untuk dipanaskan. Kemudian masukan bumbu yang dihaluskan tadi. Jangan lupa juga masukan potongan ayam. Masaklah dengan api kecil. Tunggu hingga bumbu meresap dan kaldu ayam mulai terlihat.

Masukan santan kental sambil diaduk-aduk. Ini dilakukan agar campuran santan tidak pecah. Kemudian pisahkan bagian ayam dari kuah. Saring bagian kaldunya.

Kaldu ayam harus dimasak lagi hingga berminyak. Ayam kemudian di suwir-suwir hingga ukurannya kecil dan renyah. Setelah itu baru digoreng hingga masak.

Terakhir siapkan lontong, sambal, emping, telur dan ayam suwirnya. Kemudian beri siraman kuah. Hidangan Lontong Kari ayam siap disantap.

Demikianlah resep kuliner lontong kari ayam Bandung yang sangat cocok disantap di saat lebaran. Selamat menikmati dan sudah Waktunya Anda Tahu, mohon maaf lahir dan batin (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Resep Kuliner Lontong Kari Ayam Bandung untuk Lebaran"