Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Penyakit Diabetes, Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

 

Mengenal Penyakit Diabetes

Kebiasaan sehari-hari dengan pola hidup sehat akan menjadikan diri kita sehat, begitu juga sebaliknya. Kalau kita mengabaikan pola hidup sehat maka akan merugikan diri kita sendiri dengan hadirnya berbagai macam penyakit, dari penyakit yang ringan hingga penyakit kronis yang sulit untuk disembuhkan.

Salah satunya adalah penyakit diabetes, yakni penyakit yang menjangkit seseorang yang dimulai dari naiknya kadar gula darah atau glukosa hingga di atas normal. Memang jenis penyakit ini tidak selalu karena pola hidup yang tidak sehat. Seperti halnya diabetes tipe 1 yang diakibatkan karena riwayat keluarga atau kondisi tertentu. Baiklah sobat, mari kita pelajari lebih lanjut mengenai penyakit diabetes dari penyebab, gejala dan cara mengatasi atau mengobatinya.

Penyebab Seseorang Terkena Diabetes

Gula sebenarnya adalah sebuah konsumsi manis yang menyenangkan, namun kelebihan kadar gula darah justru menjadi sebuah petaka. Di mulai dari diabetes penyakit ini dikategorikan ke dalam 2 jenis yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2

 Penyakit diabetes ini datang karena tubuh sedang ada gangguan, kemudian tubuh tidak melakukan penggunaan secara maksimal glukosa sehingga menyebabkan penumpukan dalam darah. Saat itulah diabetes mulai menjangkit. Bahaya lagi kadar glukosa yang tinggi akan menyebabkan komplikasi karena merusak pembuluh darah kecil di beberapa organ inti seperti jantung, ginjal, dan juga sistem syaraf seseorang.

Faktor risiko untuk diabetes tipe 1 biasanya disebabkan karena riwayat keluarga atau genetik yang menurun penyakit  kepada keturunannya. Kemudian ada juga faktor lingkungan tempat tinggal yang sangat kurang akan vitamin D. Lalu penyebab yang lain adalah karena faktor usia yang menyebabkan beberapa organ tubuh sudah tidak memproses gula secara maksimal.

Kemudian untuk jenis diabetes tipe 2 yang paling sering adalah disebabkan karena kelebihan berat badan atau obesitas yang menjadikan kandungan gula darah yang berlebih. Selain itu gaya hidup yang tidak sehat dan sangat jarang berolahraga.

Tanda Dan Gejala Seseorang Terkena Diabetes 

Ketika seseorang mulai mengidap penyakit yang satu ini biasanya akan ada beberapa tanda atau gejala yang muncul. Dimulai dari haus yang tak kunjung hilang meskipun sudah minum berkali-kali dan cepat merasa haus kembali. Hal ini biasanya terjadi pada malam hari.

Tanda yang selanjutnya adalah sering buang air kecil, dan terus meningkatnya frekuensi dalam buang air kecil itu sendiri. Hal ini juga biasanya lebih sering di malam hari. Kemudian ditandai juga dengan mudah lapar terus menurun. Berat badan naik drastis kemudian kembali turun drastis bahkan jauh dari berat badan normal sebelumnya.

Selain beberapa tanda di atas ditandai juga dari segi fisik yakni mudah lemah dan lelah ketika menjalankan aktivitas, pandangan mata menjadi kabur dan juga ditandai dengan luka gores yang susah kering dan susah disembuhkan.

Kemudian ketika beberapa tanda di atas mulai terjadi pada seseorang sudah seharusnya memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan memastikan penyakit apa yang sedang di derita. 

Cara Pencegahan dan Pengobatan Diabetes

Sebenarnya untuk mencegah kita terkena penyakit caranya sama untuk semua jenis penyakit. Yakni menerapkan pola hidup yang sehat, dimulai dari makan makanan yang sehat, berolahraga rutin beraktivitas dan istirahat dengan teratur.

Khususnya kalau untuk menangkal diabetes adalah membiasakan diri kita mempunyai berat badan yang ideal dan juga menghindari jenis-jenis yang mengandung gula berlebih. Memperbanyak makanan yang berserat dan memperbanyak buah-buahan yang bagus untuk kesehatan. Menjauhi konsumsi rokok dan alkohol juga sangat penting. Dan juga tidak melupakan rutin olahraga pagi.

Pada tahapan yang lebih lanjut tentu harus melalui penanganan dokter. Penderita diabetes biasanya akan diberikan hormon secara rutin untuk membantu menetralkan kandungan gula darah.

Demikian sobat mengenai pengetahuan tentang penyakit diabetes, gejala dan cara mengobatinya. Jika kita sudah mengetahui perihal bahaya penyakit ini, alangkah lebih baik jika kita meningkatkan pola kebiasaan hidup sehat dari sekarang juga. Semoga bermanfaat dan sehat selalu untuk Anda (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Mengenal Penyakit Diabetes, Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya"