Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menerapkan Teknologi ke Dunia Pendidikan

 

Menerapkan Teknologi ke Dunia Pendidikan

Cara Menerapkan Teknologi ke Dunia Pendidikan - Kita semua tahu apa peran teknologi dalam dunia pendidikan. Sementara teknologi pada akhirnya memainkan peran penting dalam sistem pendidikan saat ini. Hal ini bertujuan untuk membuat pendidikan lebih berkembang, bahkan lebih maju. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membuat proses pendidikan menjadi lebih mudah dan efisien.

Pada saat ini tidak mengherankan jika setiap sekolah menyelenggarakan pembelajaran dengan sistem online. Dalam hal ini siswa dan guru tidak melalui pembelajaran tatap muka seperti sistem pendidikan sebelumnya. Karena saat ini fasilitas teknologi sudah cukup memadai untuk menyelenggarakan sistem pembelajaran virtual. Berikut ini adalah cara menerapkan teknologi pada dunia pendidikan, meliputi :

1. Sistem Pembelajaran Jarak Jauh

Dengan adanya teknologi komunikasi berbasis video, sistem pembelajaran dapat dilakukan dari jarak jauh. Hal ini juga merupakan cara menerapkan teknologi untuk memudahkan guru dalam memberikan materi saat tidak bisa hadir di kelas. Sementara guru dapat merekam saat menjelaskan materi pembelajaran atau membuat video tentang materi pembelajaran yang ingin disampaikan.

Sehingga dengan menggunakan teknologi guru dapat berkomunikasi dari jarak jauh menggunakan platform komunikasi berbasis video seperti yang disediakan oleh Skype dan Google Duo. Atau Anda bisa menggunakan fitur tampilan langsung dari Facebook dan Instagram. Jika Anda tidak ingin dilihat oleh semua pengikut, maka guru atau Anda dapat membuat grup khusus untuk siswa mereka.

2. Penggunaan teknologi untuk berbagi materi

Pada sistem pembelajaran sebelumnya, kami harus menduplikasi materi yang diberikan oleh guru dengan cara memfotokopi atau menyalinnya secara manual. Ditambah lagi kita harus membawa banyak kertas yang membuat beban terbawa oleh siswa.

Namun dengan teknologi saat ini tidak perlu terburu-buru memfotokopi materi,. Karena kita bisa dengan mudah mengcopy file softcopy materi yang sudah disediakan oleh guru. Anda juga dapat mengirimkannya dengan aplikasi pengiriman file seperti membagikannya. Hal ini tentunya sangat memudahkan untuk berbagi materi antara guru dengan siswa atau siswa dengan siswa.

3. Kartu Laporan Elektronik

Saat ini, orang tua siswa tidak perlu repot mengambil rapor hasil belajar setelah mereka menyelesaikan semester. Karena pada faktanya, saat ini banyak sekolah yang telah menerapkan teknologi E-Report yaitu laporan prestasi siswa yang dipublikasikan secara online.

Dengan adanya E-Rapor, maka sekolah tidak perlu lagi menuliskan prestasi siswanya secara manual di rapor. Sehingga guru hanya perlu mengisi data laporan pada E-Report Card, kemudian mengirimkannya ke email orang tua atau siswa. Beberapa sekolah masih mencetak rapor sehingga tetap bisa bertemu dengan orang tua dan berdiskusi tentang prestasi siswa selama satu semester.

4. Sistem Absensi pada Siswa maupun Guru

Pada sistem pendidikan sebelumnya absensi siswa harus dilakukan secara manual. Namun dengan menerapkan teknologi telah melakukan terobosan berupa sistem absensi sidik jari yang justru akan memudahkan sekolah atau universitas dalam mendata kedatangan siswa, guru dan pegawai.

Dengan begitu sekolah bisa memonitor kedisiplinan siswa, guru dan staf. Sistem Absensi ini juga dapat diintegrasikan dengan SMS Gateway. Sehingga siswa, guru dan karyawan yang beberapa kali absen dapat diberikan peringatan melalui SMS yang dikirimkan ke gawai atau smartphone orang tua untuk siswa.

5. PPDB Dapat Dilakukan Secara Online

PPDB atau Penerimaan Mahasiswa Baru biasanya dilakukan secara langsung, atau dengan kata lain calon mahasiswa diharuskan datang untuk mendaftarkan diri di sekolah atau universitas yang mereka minati. Namun teknologi mempermudah proses pendaftaran mahasiswa baru.

Dengan PPDB Online, calon mahasiswa yang berada jauh, tetap bisa mendaftar melalui website. Dalam hal ini calon mahasiswa hanya perlu datang untuk mengikuti ujian masuk,, dan pengaturan administrasi jika diterima.

6. Perpustakaan

Saat ini tidak perlu repot mencari buku di perpustakaan, di mana perpustakaan sekolah yang sudah memiliki teknologi E-Library akan memudahkan pengunjung untuk mencari buku yang diinginkan. Pustakawan hanya perlu memasukkan nomor rak dan menyusun buku sesuai dengan raknya. Sehingga dengan menerapkan teknologi, pustakawan sekolah dapat dengan mudah melacak buku-buku yang dipinjam pengunjung.

Demikianlah bahasan kami tentang beberapa cara menerapkan teknologi dalam dunia pendidikan. Walaupun teknologi ini besar dan berkembang karena peran dunia pendidikan, namun tidak semua lembaga pendidikan menikmati kecanggihan teknologi. Salam Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Cara Menerapkan Teknologi ke Dunia Pendidikan"