Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengadaan Tenaga Kerja: Sebuah Pengantar!

 

Pengadaan Tenaga Kerja

Pengadaan atau procurement adalah merupakan fungsi operasional yang utama dari Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Pengadaan tenaga kerja ini merupakan masalah yang penting, sulit, & kompleks, karena untuk mendapatkan dan menempatkan orang-orang yang berkompeten, serasi serta efektif tidaklah semudah membeli & menempatkan mesin.

Tenaga kerja atau karyawan adalah aset utama perusahaan yang menjadi perencana dan pelaku aktif dari setiap aktivitas dalam organisasi. Mereka mempunyai pikiran, perasaan, keinginan, status dan latar belakang pendidikan, usia, jenis kelamin yang heterogen, dibawa ke dalam organisasi perusahaan. Bukan seperti mesin, uang, & material yang sifatnya pasif dan dapat dikuasai serta diatur sepenuhnya guna mendukung tercapainya tujuan perusahaan.

Tenaga-kerja yang cakap, mampu, dan terampil belum menjamin produktivitas kerja yang baik bila moral kerja & kedisiplinannya rendah. Mereka baru dapat dikatakan bermanfaat serta mendukung terwujudnya tujuan perusahaan bila mereka berkeinginan tinggi untuk menciptakan prestasi. Dan tenaga kerja yang kurang mampu, tidak cakap, & tidak terampil akan mengakibatkan pekerjaan tersebut tidak dapat selesai tepat pada waktunya.

Kualitas dan kuantitas para tenaga-kerja juga harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan agar tujuan dapat tercapai secara efektif dan juga efisien. Penempatan tenaga kerja juga harus tepat sesuai dengan kemampuan & ketrampilan yang dimilikinya.

Sehingga gairah kerja dan kedisiplinannya akan lebih baik dan efektif guna menunjang terwujudnya tujuan organisasi/perusahaan.

Pengadaan tenaga kerja ini haruslah didasarkan pada prinsip apa, barulah kemudian disusul dengan siapa. Apa maksudnya kita harus terlebih dahulu menetapkan pekerjaan-pekerjaannya berdasarkan uraian pekerjaan (job description). Sedangkan siapa maksudnya adalah kita akan mencari orang-orang yang tepat untuk menjabat di posisi tersebut yang didasarkan pada spesifikasi pekerjaan (job specification).

Pengadaan tenaga-kerja yang berdasarkan pada siapa yang kemudian barulah disusul dengan apa ini akan menimbulkan mis-manajemen di dalam menempatkannya.

Penempatan tenaga-kerja yang jauh di luar batas kemampuannya akan mengakibatkan moral kerja dan tingkat kedisiplinan yang rendah. Jadi kita harus menempatkan seorang karyawan itu sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya serta memberikan pekerjaan yang juga disenanginya.

Berdasarkan uraian di atas, maka kita telah mendapatkan gambaran tentang bagaimana pentingnya pengadaan tenaga kerja ini. Agar lebih jelas lagi, di bawah ini diberikan beberapa definisi mengenai pengadaan tenaga kerja.

Pengadaan adalah proses penarikan, seleksi, penempatan, orientasi, & induksi untuk mendapatkan tenaga-kerja yang secara efektif & efisien mampu mendukung tercapainya tujuan perusahaan. Pengadaan tenaga kerja merupakan langkah utama guna mencerminkan berhasil tidaknya suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Jika tenaga kerja yang diterima berkompeten, maka usaha untuk mewujudkan tujuan relatif mudah. Sebaliknya bila tenaga-kerja yang diperoleh kurang memenuhi persyaratan, maka akan sangat sulit bagi perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Pengadaan tenaga-kerja ini harus mendapatkan perhatian yang serius serta didasarkan kepada analisa jabatan (job analysis), uraian pekerjaan (job description), spesifikasi pekerjaan (job specification), persyaratan pekerjaan (job requirement) dan evaluasi pekerjaan (job evaluation), bahkan perlu juga untuk mempertimbangkan pengayaan pekerjaan (job enrichment), perluasan pekerjaan (job enlargement), dan penyederhanaan pekerjaan (job simplification).

Perekrutan calon tenaga-kerja hendaknya dilakukan dengan baik agar tenaga kerja yang diterima sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang akan dilakukannya. Nah, di sinilah peran penting MSDM yang menjadi ujung tombak pengadaan dan pengelolaan aset dinamis perusahaan ini.

Sekian dulu bahasan kami tentang pengadaan tenaga kerja sebagai sebuah pengantar. Semoga bermanfaat (watahu.com).

Posting Komentar untuk "Pengadaan Tenaga Kerja: Sebuah Pengantar!"