Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Noda Hitam Di Wajah Yang Perlu Diketahui


 

Wajah adalah bagian fisik yang paling diperhatikan manusia. Wajah yang menarik tentu akan membuat pemiliknya lebih percaya diri terhadap penampilannya.

Namun untuk memiliki bentuk wajah impian butuh perjuangan ekstra sabar. Kita harus membeli produk perawatan kulit, menjaga pola makan dan olahraga.

Belum lagi dengan adanya ancaman seperti noda hitam yang tiba-tiba bisa muncul dikulit. Walau terkesan sepele, noda hitam kulit bisa mengganggu penampilan lho.

Untuk itu agar lebih waspada. Artikel ini akan membahas tentang penyebab noda hitam pada wajah dan solusinya.

Terkena sinar matahari

Sinar matahari di pagi hari memang bagus untuk kesehatan. Namun setelah masuk waktu siang. Sinar matahari malah bisa merusak kesehatan kulit.

Terlalu sering terkena cahaya matahari akan menghitamkan kulit dan bisa menyebabkan kanker bila berlangsung dalam jangka panjang. Hal ini terjadi karena sinar matahari punya ultraviolet yang bersifat radiasi.

Untuk meminimalisir flek hitam karena sinar matahari pakailah sunscreen sebagai pelindung kulit.

Produk kosmetik yang tidak cocok dan berbahaya

Jangan asal Pilih produk kosmetik. Tidak semua kosmetik cocok dengan kebutuhan kulitmu. Misal jika wajahmu sensitif jangan pilih produk yang punya kadar pemicu melanin dan fotosensitifitas tinggi.

Jika kamu memilih produk yang salah akan terjadi alergi, gatal dan flek hitam.

Faktor Genetik

 Muka sering terkena noda hitam. Bisa jadi karena faktor genetik. Perlu diketahui gen berpengaruh terhadap warna dan karakter kulit.

Orang dengan gen tertentu mungkin rentan terhadap keluhan kulit seperti noda hitam, iritasi kulit dan sebagainya.

Kekurangan vitamin

Vitamin adalah penunjang yang vital untuk menjaga kesehatan kulit. Seperti vitamin c, vitamin a, dan vitamin b 12.

Maka dari itu selain menggunakan kosmetik kita perhatikan juga pola makan kita. Jangan makan sembarangan. Jika kita kekurangan vitamin. Wajah akan lebih rentan terkena flek noda hitam akibat pigmentasi tak merata.

Bekas Jerawat yang sulit hilang

Salah satu sebab kenapa noda hitam muncul dikarenakan bekas jerawat. Bekas jerawat yang tersusun dari pori-pori mati. Perlu dibersihkan dengan kosmetik yang mengandung hydroquinone dan vitamin c.

2 Zat tersebut terbukti ampuh membersihkan sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru.

Polusi Udara

Ini adalah salah satu penyebab terbesar noda hitam di wajah. Udara yang tercemar asap motor dan pabrik selain tidak baik untuk pernafasan juga tidak bagus untuk kesehatan kulit.

Polusi udara memicu produksi melanin berlebih, iritasi kulit dan merusak sel-sel kulit. Noda hitam pada wajah diakibatkan oleh zat melanin yang berlebihan ini.

Pengaruh Hormon

Untuk ibu hamil harap waspada akan resiko noda hitam di wajah. Karena pada fase kehamilan ini hormon seperti estrogen, melanin stimulating hormon dan progesteron meningkat.

Hormon-hormon tersebut bila berlebih kadarnya akan mengakibatkan terjadinya noda hitam di wajah.

Posting Komentar untuk "Penyebab Noda Hitam Di Wajah Yang Perlu Diketahui "