Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

MACAM-MACAM EKSTERNALITAS

 


Dapat dikatakan bahwa eksternalitas adalah efek samping dari suatu tindakan ekonomi pihak tertentu terhadap pihak lain. Efek samping ini mempunyai banyak macamnya. Dengan demikian ragam eksternalitas ini juga bermacam-macam.

Ada berbagai sudut pandang yang bisa kita gunakan untuk melihat macam-macam ekternalitas. Kita bisa melihat dari sudut pandang dampaknya, pihak yang melakukan, sudut pandang yang lainnya.

 

Macam-Macam Eksternalitas Menurut Dampaknya

Macam-macam eksternalitas ditinjau dari segi dampaknya dibagi menjadi dua yaitu:

 

1. Eksternalitas Positif

Eksternalitas positif adalah tindakan seseorang yang memberikan manfaat bagi orang lain, tetapi manfaat tersebut tidak dialokasikan di dalam pasar. Jika kegiatan dari beberapa orang menghasilkan manfaat bagi orang lain dan orang yang menerima manfaat tersebut tidak membayar atau memberikan harga atas manfaat tersebut maka nilai sebenarnya dari kegiatan tersebut tidak tercermin dalam kegiatan pasar.

Contohnya adalah ada sebuah keluarga yang memperbaiki rumahnya sehingga keluarga tersebut membuat keseluruhan lingkungan sekitar menjadi bagus sehingga menghasilkan keuntungan eksternal kepada para tetangga.

Manfaatnya adalah lingkungan mereka sekarang menjadi lebih menyenangkan, selain itu tetangga juga mungkin bisa mendapat keuntungan financial dari keluarga yang memperbaiki rumahnya tersebut. Di lingkungan yang bagus sebuah rumah akan lebih laku dijual daripada di lingkungan yang kumuh sehingga manfaat eksternal dapat berubah menjadi keuntungan finansial bagi penerima eksternalitas.

Adanya eksternalitas positif itu, memungkinkan menurunnya biaya renovasi dan pemeliharaan di lingkungan. Sehingga mungkin optimal untuk melakukan sejumlah besar renovasi di lingkungan, tetapi tidak ada yang bersedia untuk mengambil langkah pertama.

Di lingkungan kumuh, semua keluarga mungkin bersedia untuk memperbaiki rumah mereka, jika semua tetangga mereka akan memperbaiki rumah mereka juga. Tapi tidak ada yang mau menginvestasikan banyak uang untuk memperbaiki rumah di lingkungan kumuh.

Mereka yang ingin rumah lebih bagus akan cenderung pindah ke lingkungan yang lebih bagus daripada berinvestasi dalam meningkatkan rumah mereka di daerah kumuh. Akhirnya seluruh lingkungan dapat memburuk karena tidak ada yang memiliki insentif untuk melakukan perbaikan.

Contoh eksternalitas positif adalah ketika si A memainkan musik sambil bernyanyi dan si B sedang galau. Ketika si B mendengarkan si A memainkan musik sambil bernyanyi, kegalauan si B menjadi hilang karena si B menikmati alunan simponi yang indah yang di mainkan si A.

Perhatikan kurva berikut ini:

Eksternalitas Positif

 

Mula-mula perusahaan memproduksi output sebesar Qa dengan harga sebesar Pa maka kurva permintaannya ada disepanjang kurva D. Karena adanya eksternal benefit maka perusahaan meningkatkan produksi outputnya menjadi Q* dan menaikkan harga menjadi P* maka kurva permintaan pun berubah bergeser ke kanan atas disepanjang D+E.

 

2. Eksternalitas negatif

Eksternalitas negatif adalah biaya (cost) yang ditangung orang lain di luar sistem pasar sebagai akibat dari kegiatan produktif. Contoh dari eksternalitas negatif adalah pencemaran lingkungan.

Di daerah industri, pabrik-pabrik sering mencemari udara dari produksi output, misalnya, dan orang-orang di sekitarnya harus menderita konsekuensi negatif dari udara yang tercemar meskipun mereka tidak ada hubungannya dengan memproduksi polusi.

Ketika suatu perusahaan tidak harus membayar harga untuk menggunakan udara bersih. Perusahaan bisa jadi menggunakan terlalu banyak, sehingga polusi udara yang berlebihan. Perusahaan menggunakan udara bersih terlalu banyak karena perusahaan tidak harus membayar untuk sumber daya yang digunakan.

Salah satu solusi yang jelas untuk masalah ini adalah dengan mewajibkan perusahaan untuk membayar harga sama dengan biaya kesempatan dari polusi itu. Mereka harus membayar biaya peluang di pasar untuk semua input lainnya ke proses produksinya.

Agen-agen ekonomi harus memperhatikan biaya kesempatan dari tindakan mereka bagi mereka untuk memiliki insentif untuk mengalokasikan sumber daya secara efisien. Sistem harga memaksa akuntabilitas ini dengan mengharuskan agen-agen ekonomi untuk membayar biaya peluang dari sumber daya yang mereka gunakan. Karena sumber daya yang dialokasikan secara internal ke pasar, harga pasar umumnya mencerminkan biaya kesempatan dari barang dan jasa.

Contoh simpel dari eksternalitas negatif adalah ketika seseorang merokok dan orang yang berada disampingnya mencium asap rokok tersebut. Itu berarti orang yang mencium asap rokok tersebut menerima dampak negatif atau dengan kata lain dirugikan karena tindakan orang yang merokok tersebut.

Eksternalitas negatif


Gambar diatas menunjukkan kurva permintaan dan kurva penawaran dalam suatu industri yang dalam proses produksinya menghasilkan biaya eksternalitas bagi orang lain. Mula-mula industri tersebut memproduksi output sebesar Qa dengan harga sebesar Pa maka kurva penawarannya sepanjang kurva S.

Dengan adanya biaya eksternalitas yaitu diwajibkannya membayar pajak oleh pemerintah untuk setiap eksternalitas yang ditimbulkan maka, industri tersebut mengurangi produksi outputnya menjadi Q* dan menaikkan harga yang mula-mula sebesar Pa sekarang harga outputnya menjadi P*. Oleh karena itu kurva penawarannya bergeser ke kiri atas di sepanjang kurva S+E.

 

Macam-Macam Eksternalitas Dari Sisi Pelaku Dan Penerima

Macam-macam eksternalitas jika ditinjau dari segi pihak-pihak yang melakukan dan pihak yang menerima akibat dari eksternalitas dapat dibagi menjadi empat yaitu:

 

1. Eksternalitas produsen terhadap produsen

Eksternalitas produsen terhadap produsen terjadi ketika output dan input yang digunakan oleh suatu perusahaan mempengaruhi output dan input yang digunakan oleh perusahaan lain.

Contoh eksternalitas produsen terhadap produsen adalah produksi output perusahaan hulu sungai mencemari air di hilir sungai sehingga menghancurkan sumber daya perikanan dan mempengaruhi industri perikanan. Selain itu, contoh lainnya adalah di negara berkembang pengoperasian hotel dekat pantai dapat menyebabkan pencemaran sumber daya laut, sehingga merusak industry perikanan serta keindahan pemandangan bawah air.

 

2. Eksternalitas produsen terhadap konsumen

Dalam kasus eksternalitas produsen terhadap konsumen eksternalitas terjadi ketika fungsi utilitas konsumen tergantung pada output dari produsen. Jenis eksternalitas terjadi dalam kasus polusi suara oleh pesawat udara, dan efek dari emisi pabrik.

Contoh lain yang sering terjadi adalah ketika ada pabrik yang mengeluarkan asap dari proses produksinya. Asap ini berpotensi menyebabkan polusi udara.

Udara kotor tersebut akan dihirup oleh masyarakat yang bertempat tinggal disekitar pabrik. Hal ini menyebabkan utilitas masyarakat tersebut untuk tinggal disekitar pabrik menjadi turun karena pabrik tidak memberikan ganti rugi apapun kepada masyarakat.

 

3. Eksternalitas konsumen terhadap produsen

Jenis eksternalitas konsumen terhadap produsen jarang terjadi didalam kenyatannya. Eksternalitas konsumen terhadap produsen meliputi efek dari kegiatan konsumen terhadap output perusahaan.

Contoh eksternalitas konsumen terhadap produsen, ketika ibu-ibu menyuci baju di sungai menggunakan detergen pasti sisa air detergen dibuang ke dalam sungai. Hal ini bisa menyebabkan polusi sungai sehingga misalnya ada pabrik es yang sangat bergantung pada air sungai untuk menjalankan produksinya, tentu sangat dirugikan karena dia harus mengeluarkan dana untuk membersihkan air sungai yang sudah tercemar air detergen.

 

4. Eksternalitas konsumen terhadap konsumen

Eksternalitas konsumen terhadap konsumen terjadi ketika kegiatan suatu konsumen mempengaruhi utilitas konsumen lain. Contohnya, orang yang mengendarai motor dapat menyebabkan orang yang disekitarnya menjadi sesak napas begitu juga dengan orang yang merokok yang akan mengganggu orang-orang yang ada disekitarnya.

 

Macam-Macam Eksternalitas Lainnya

Jenis-jenis eksternalitas yang lainnya adalah :

 

1. Eksternalitas uang / Pecuniary externalities

Eksternalitas berupa uang merujuk pada pengaruh produksi atau utilitas pada pihak ketiga karena perubahan permintaan. Eksternalitas negatif berupa uang dapat terjadi ketika peningkatan produksi suatu industri menyebabkan peningkatan harga input yang digunakan oleh industri lain.

Eksternalitas berupa uang juga mempengaruhi penawaran pasar dan kondisi permintaan. Intinya eksternalitas uang hanya mempengaruhi harga tanpa mempengaruhi kemungkinan teknis produksi atau komsumsi.

 

2. Eksternalitas teknikal / Technical externalities

Eksternalitas teknikal mengacu pada efek dimana fungsi produksi atau fungsi utilitas terpengaruh. Eksternalitas teknikal mengacu pada eksternalitas yang secara langsung mempengaruhi produksi perusahaan dalam fungsi utilitas individu. Jadi eksternalitas teknikal adalah tindakan seseorang dalam konsumsi maupun produksi akan mempengaruhi tindakan konsumsi atau produksi orang lain tanpa adanya kompensasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "MACAM-MACAM EKSTERNALITAS"