Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Eksternalitas

 


Pada suatu sistem perekonomian modern, setiap aktivitas ekonomi selalu mempunyai keterkaitan dengan aktivitas lainnya. Apabila semua keterkaitan antara suatu kegiatan dengan kegiatan lainnya dilaksanakan melalui mekanisme pasar atau melalui suatu sistem, maka keterkaitan antar berbagai aktivitas tersebut tidak menimbulkan masalah.

Akan tetapi, banyak pula keterkaitan antar kegiatan yang tidak melalui mekanisme pasar sehingga timbul berbagai macam masalah. Keterkaitan suatu kegiatan dengan kegiatan lain yang tidak melalui mekanisme pasar adalah apa yang disebut dengan eksternalitas.

 

Definisi Eksternalitas

Secara umum dapat dikatakan bahwa eksternalitas adalah suatu efek samping dari suatu tindakan ekonomi pihak tertentu terhadap pihak lain. Efek samping itu bisa saja menguntungkan juga bisa merugikan.

Efek samping dari suatu kegiatan atau transaksi ekonomi bisa positif maupun negatif. Dalam kenyataannya, baik dampak negatif maupun efek positif sering terjadi secara bersamaan dan simultan.

Dampak yang menguntungkan misalnya seseorang yang membangun sesuatu pemandangan yang indah dan bagus pada lokasi tertentu mempunyai dampak positif bagi orang sekitar yang melewati lokasi tersebut. Sedangkan dampak negatif misalnya polusi udara, air dan suara.

Ada juga eksternalitas yang dikenal sebagai eksternalitas yang berkaitan dengan uang. Eksternalitas ini muncul ketika dampak eksternalitas itu disebabkan oleh meningkatnya harga. Misalnya, suatu perusahaan didirikan pada lokasi tertentu atau kompleks perumahan baru dibangun, maka harga tanah tersebut akan melonjak tinggi. Meningkatnya harga tanah tersebut menimbulkan dampak eksternal yang negatif terhadap konsumen lain yang ingin membeli tanah di sekitar daerah tersebut.

Dalam contoh di atas, efek tersebut dalam perubahan harga tanah, dimana kesejahteraan masyarakat berubah tetapi perubahan itu akan kembali ke keadaan keseimbangan dalam kurun waktu tertentu. Hal ini disebabkan karena setiap barang akan menyamakan rasio harga-harga barang dengan harga keseimbangan.

Jadi, suatu fakta bahwa tindakan seseorang dapat mempengaruhi orang lain tidaklah berarti adanya kegagalan pasar, selama pengaruh tersebut tercermin dalam harga-harga sehingga tidak terjadi ketidakefisienan dalam perekonomian.

Jadi yang dimaksud dengan eksternalitas hanyalah apabila tindakan seseorang mempunyai dampak terhadap orang lain (atau segolongan orang lain) tanpa adanya kompensasi apapun juga sehingga timbul inefisiensi dalam alokasi faktor produksi.

Eksternalitas hubungan Laba dan Konsumsi

Dalam berbagai literatur ada beberapa definisi eksternalitas dan klasifikasi dari berbagai jenis eksternalitas. Definisi eksternalitas secara implisit membedakan antara dua kategori yaitu eksternalitas dalam hal hubungan laba dan eksternalitas konsumsi setiap kali tingkat utilitas terpengaruh

Eksternalitas hadir setiap kali kesejahteraan (utilitas atau keuntungan). Beberapa agen ekonomi yang secara langsung dipengaruhi oleh tindakan agen lain baik konsumen ataupun produsen di dalam perekonomian.

Contohnya, eksternalitas terjadi ketika produktivitas perikanan dipengaruhi oleh kilang minyak yang berada di hulu sungai yang mencemari air sungai sehingga produktivitas perikanan menjadi turun.

Eksternalitas juga menyatakan hubungan antara agen ekonomi yang terletak diluar sistem harga ekonomi. Tingkat eksternalitas yang dihasilkan tidak dikontrol secara langsung oleh harga, sehingga standar efisiensi pada keseimbangan pasar tidak dapat diterapkan.

Contoh sehari-hari termasuk polusi pabrik yang merugikan perikanan lokal dan iri hati yang dirasakan saat tetangga bangga menampilkan mobil barunya. Eksternalitas tersebut tidak dikendalikan secara langsung oleh harga. Namun konsumen atau suatu perusahaanlah yang dapat secara langsung dipengaruhi oleh tindakan dari agen lain dalam perekonomian, yaitu, mungkin ada efek eksternal dari tindakan konsumen lain atau perusahaan.

Eksternalitas juga dapat didefinisikan sebagai biaya ekonomi atau manfaat yang merupakan produk sampingan dari kegiatan ekonomi tetapi yang dialokasikan di luar sistem pasar. Ini berarti bahwa pembuat eksternalitas tidak memiliki insentif untuk mempertimbangkan biaya eksternal atau manfaat yang dihasilkan.

Selain itu ada dua kategori utama dari definisi eksternalitas, yang pertama mendefinisikan eksternalitas berdasarkan efek yang timbulkan dan yang kedua mendefinisikan eksternalitas berdasarkan faktor penyebab dan konsekuensinya.

Definisi eksternalitas berdasarkan efek yang di timbulkan yaitu eksternalitas akan timbul setiap kali kesejahteraan beberapa agen ekonomi yang utilitas atau laba meliputi variabel riil dengan nilai yang dipilih oleh orang lain tanpa memperhatikan efek kesejahteraan orang lain yang mempengaruhi mereka.

Jika ditinjau dari segi efek yang ditimbulkan, definisi eksternalitas menunjukkan umumnya pasar gagal untuk mencapai eksternalitas. Penekanannya pada hilangnya peran pasar dan inefisiensi dalam tawar-menawar informasi yang tidak lengkap.

Efek rumah kaca adalah salah satu contoh konsekuensi dari eksternalitas tetapi masih banyak contoh eksternalitas yang lainnya. Pada awalnya, eksternalitas tidak dipandang sebagai masalah ekonomi, tetapi lama kelamaan keberadaan eksternalitas dipandang menjadi sebuah teori ekonomi.

 

Teori Coase

Dalam pembahasan tentang eksternalitas terdapat teori-teori yang menjadi landasan munculnya eksternalitas. Diantaranya adalah Teori Coase.

Teorema Coase merupakan suatu pendapat yang dikemukakan oleh Ronald Coase. Teorema Coase menjelaskan apabila pihak-pihak swasta dapat melakukan tawar-menawar mengenai alokasi sumber-sumber daya tanpa harus mengeluarkan biaya, mereka dapat menyelesaikan masalah eksternalitas mereka sendirinya.

Disamping itu juga terdapat inefesiensi. Maksud dari inefesiensi ini apabila eksternalitas tidak dapat mengalokasikan sumber-sumber ekonomi secara efisien sehingga muncullah inefesiensi pasar.

Munculnya eksternalitas sering mengalami berbagai macam jenis permasalahan. Oleh karena itu terdapat solusi-solusi dalam menghadapi eksternalitas. Solusi-solusi itu berupa Regulasi, Pajak pigovian dan adanya subsidi yang diberikan.

 

 

Posting Komentar untuk "Apa Itu Eksternalitas"