Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Dampak Negatif Main Hp Terlalu Lama Bagi Kesehatan, Bisa Menyebabkan Kanker

 


Di zaman sekarang ini menggunakan hp alias handphone sudah seperti makanan pokok bagi setiap orang. Selain berguna sebagai alat komunikasi, dukungan teknologi yang canggih membuat hp menjadi salah satu alat memanjakan seseorang dengan berbagai macam fasilitas aplikasi, entah itu menonton video, merekam video, selfi, bermain games dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun tahukah sobat mengenai dampak negatif main handphone terlalu lama? Tentu akan memberikan beberapa dampak bagi kesehatan seseorang, dari organ tubuh yang kontak langsung dengan handphone, mempengaruhi kesehatan mental hingga menyebabkan penyakit kronis. Maka dari itu sobat semua harus bijak dalam menggunakan hp, karena kalau tidak tentu akan merugikan diri kita sendiri.

Dampak Negatif Main Hp Terlalu Lama

1. Merusak Kesehatan Mata

Yang pertama adalah dari segi kesehatan mata. Jelas sekali karena bermain handphone akan menjadikan kontak mata secara langsung dengan layar dan cahaya dari handphone. Jika kondisi ini berlangsung lama dan terus menerus akan merusak kesehatan mata. Terutama kemampuan kornea mata kita sebenarnya memiliki batasan tertentu dan kalau terus dipaksakan akan menjadi penyakit, mulai rabun, minus hingga beberapa penyakit mata yang cukup serius.

Terlebih lagi menggunakan handphone lama dengan posisi yang salah seperti sambil tiduran, rebahan dan juga menggunakan handphone di tempat gelap, hal ini juga akan memberikan efek yang buruk bagi mata kita.

2. Kualitas Tidur Terganggu

Yang kedua adalah akan menggangu siklus tidur seseorang. Hal ini biasa terjadi pada seseorang yang sering atau kecanduan dengan handphone mereka, tentu saja sebentar-bentar akan melihat handphone selama handphone masih berada dalam jangkauan.

Apakah sobat juga seperti itu? Lebih baik sesekali sobat lepas handphone dan melakukan aktifitas lain. Dengan begitu ketergantungan dengan handphone ini bisa berkurang. Selain itu pada saat tidur usahakan untuk menjauhkan handphone dari diri kita agar tidur kita tidak terganggu, lebih nyenyak dan berkualitas.

3. Main Hp Terlalu Lama Bisa Beresiko Terkena Kanker

Yang selanjutnya adalah berdasarkan beberapa penelitian, bermain handphone terlalu lama akan memberikan radiasi kepada tubuh terutama adalah organ pada otak dan memicu seseorang terkena penyakit kanker otak. Meskipun hal ini tidak banyak kejadian dalam jangka pendek, namun yang namanya mencegah akan lebih baik daripada harus mengobati. Apalagi bicara penyakit kanker merupakan jenis penyakit yang memtaikan.

4. Hp Bisa Menjadi Sarang Bakteri Dan Virus

Dari segi kesehatan sebenarnya hp yang kita mainkan tersebut adalah letak kuman, bakteri dan juga virus yang menjadi penyebab penularan penyakit. Bisa kita teliti bahwa tangan kita setelah memegang benda apapun biasanya akan dengan bebas memegang handphone. Meskipun bukan jenis penyakit kronis yang ditimbulkan pada point ini, namun akan sangat mudah menularkan beberapa virus seperti flu, batuk dan juga demam pada seseorang.

Maka dari itu penting bagi kita yang sering keluar dan berinteraksi dengan banyak barang untuk sesekali membersihkan handphone agar lebih steril dan tidak menjadi sumber penyakit yang merugikan diri sendiri.

5. Mengganggu Kesehatan Mental

Yang kelima mengenai dampak negatif bermain hp terlalu lama adalah mengganggu kesehatan mental seseorang. Ini penting sekali, apalagi bagi seorang anak atau remaja yang belum dewasa dalam menyikapi segala sesuatu. Mulai dari kecanduan dengan sesuatu di dalam handphone yang akan sulit dicegah.

Selain itu dengan mudahnya mendapatkan berbagai macam konten dan informasi yang bersifat negatif juga akan berpengaruh pada kondisi mental seseorang. Terlebih lagi bagi orang yang suka bermain sosial media dan larut didalamnya berupa eksistensi. Disitu akan berbagai macam dampak yang ditimbulkan dan sebagiannya adalah dampak yang kurang baik.

Dari beberapa point diatas alangkah lebih baik jika sobat mencoba membatasi penggunaan handphone itu sendiri kemudian melakukan penggunaan secara bijak dan wajar sehingga kita tidak merugi di kemudian hari.

Demikian sobat materi mengenai dampak negative main hp terlalu lama bagi kesehatan yang perlu kita hindari. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Dampak Negatif Main Hp Terlalu Lama Bagi Kesehatan, Bisa Menyebabkan Kanker"