Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memulai Usaha Bakso

9 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memulai Usaha Bakso - Sebelumnya saya telah membuat artikel tentang olahan bakso, maka selanjutnya ialah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai usaha bakso apabila anda telah membaca artikel sebelumnya dan tertarik untuk membangun usaha bakso.

Sebenarnya yang dibahas ini mungkin sebagian dari kamu sudah tau, tetapi terdapat beberapa hal yang jarang orang ketahui termasuk kamu.

Tidak perlu basa-basi lagi, langsung saja kita simak :

1. Penentuan Nama Usaha Bakso

Sudah pada tau lah mungkin dalam merintis suatu usaha apapun pasti berawal dari nama usaha.

Tips dan trik : Buatlah nama usaha bakso yang singkat, unik, dan mudah diingat orang. Karena melalui nama tersebut yang kelak menjadi branding product kamu.

2. Penentuan Lokasi Usaha 

Dalam membuka usaha kuliner bakso, carilah tempat yang strategis alias mudah dijangkau konsumen.

Tips dan trik : Tempat usaha kuliner bakso yang berada di pinggir jalan memiliki sedikit kelebihan dibanding di tempat yang lain karena jalan merupakan lalu lalang kendaraan yang ramai. Ketika pengendara terutama wisatawan lapar, mereka cenderung memilih makanan yang dipinggir jalan karena lokasi yang mudah ditemukan.

3. Penentuan Harga Bakso 

Ketika kamu ingin menentukan harga bakso, riset pasar lah terlebih dahulu, lihatlah terlebih dahulu para kompetitor usaha bakso kamu. Jangan sampai kamu menentukan harga secara asal-asalan karena itu dapat berdampak buruk terhadap usaha mu.

Buatlah harga yang bersaing dan tonjolkan kelebihan usahamu yang tidak dimiliki kompetitor mu untuk menarik konsumen.

4. Peralatan Usaha Bakso

Nah ini juga memerlukan riset kompetitor, kamu kunjungilah usaha bakso kompetitor mu, catatlah kekurangan yang ada pada kompetitor usahamu, lalu kekurangan tersebut jadikan pelajaran usahamu kalau bisa perbaiki lalu kamu tambahi yang tidak ada pada kompetitor mu.

Misal kompetitor usaha bakso mu tidak ada sumpit , maka usahamu bakso mu harus ada sumpit, begitulah kira-kira perumpamaan nya.

Berikut peralatan usaha bakso yang perlu ada :

  • Sendok
  • Garpu
  • Sumpit
  • Tempat meletakkan sendok dan garpu
  • Meja
  • Kursi
  • Sambel
  • Gerobak
  • Kipas
  • Gelas
  • Piring dan Mangkok
  • Dan Peralatan masak lainnya

5. Daftar Menu Usaha Bakso

Ketika kamu membuat daftar menu usaha bakso usahakan ada nama, gambar makanan bakso (yang mengunggah selera makan ) , dan harga. Dan jangan lupa untuk menyisipkan brand usaha bakso kamu di daftar menu.

6. Membuat Diskon Di Awal Pembukaan Usaha 

Nah ini boleh dilakukan atau tidak, tetapi akan lebih baik dilakukan untuk menarik konsumen. Kamu bisa menerapkan diskon 50 persen atau 30 persen di awal pembukaan usaha kuliner bakso kamu.

Karena adanya diskon tersebut biasanya konsumen akan senang melihatnya dan mudah diterima di kalangan masyarakat. Selain itu, usaha kuliner bakso kamu akan cepat terkenal.

7. Mendesain Gerobak Bakso Dan Tempat Usaha Bakso

Ini juga penting dilakukan untuk membuat pengunjung menarik dan betah di tempat usaha kuliner bakso kamu. Usahakan buatlah desain tempat yang kekinian mengikuti perkembangan zaman.

8. Kebersihan Tempat Usaha

Kebersihan menjadi faktor yang sangat penting dalam menjalankan suatu usaha. Tempat usaha yang bersih akan membuat pengunjung senang dan menilai baik yang berdampak pada kesuksesan usaha.

Tips dan trik : Bersihkan lah segera meja dan tempat duduk makan di tempat usaha setiap pengunjung selesai menggunakannya.

9. Pelayanan Konsumen 

Dalam melayani konsumen gunakan sikap yang baik. Menggunakan bahasa yang ramah, mendengarkan baik-baik yang dibicarakannya, dan siap menerima kritikan ataupun saran adalah langkah wajib kamu lakukan dalam membuka usaha kuliner bakso.

Penutup 

Itulah 9 hal yang harus diperhatikan dalam memulai usaha bakso.

Diharapkan melalui artikel ini dapat menambah wawasan kamu dan dapat mempersiapkan apa yang harus dilakukan ketika memulai usaha bakso.




Posting Komentar untuk "9 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memulai Usaha Bakso"