Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Pentingnya Mendengar Dalam Hidup Sehari-hari

 

Pentingnya Mendengar Dalam Hidup Sehari-hari

Pentingnya Mendengar – Istilah silent is gold memang benar adanya. Mungkin sering kali hal ini terjadi dalam hidup kita sehari-hari. Penting bagi Anda untuk lebih banyak mendengar orang lain berbicara, dan mengurangi berbicara, karena itu dapat menjadi hal yang menakjubkan dan bermanfaat bagi Anda. Manfaatnya akan jelas terasa lebih banyak untuk diri sendiri selain untuk orang lain.

Manfaat yang akan terasa adalah orang lain akan merasa lebih dihargai dan didengar sehingga mereka juga akan menghargai dan mendengar Anda. Bila mereka sudah menghargai dan mau mendengar apa pun yang Anda katakan, maka Anda mendapat teman yang akan bersedia menolong Anda dengan senang hati kapan pun Anda membutuhkan pertolongan mereka.

Bila sering menyalahkan orang lain, cobalah untuk menahan diri agar tidak menyalahkan atau berkata hal hal yang negatif. Berusahalah mendengarkan apa yang orang lain katakan sebelum nantinya giliran berbicara Anda tiba. Bila giliran berbicara sudah tiba, sebaiknya berbicara yang penting dan juga sesuatu yang positif.

Psikolog besar, Carl Rogers mengatakan, “Mendengar adalah kekuatan terbesar yang dikenal manusia untuk membebaskan potensi dari diri orang lain. Komunikasi yang nyata hanya terjadi bila kita mendengar untuk mengerti dan memahami. Untuk melihat ide dan sikap dari kacamata orang lain. Inilah kunci untuk menjadi master motivator dan persuader.”

Stephen Covey si pengarang “Seven Habits” itu mengungkapkan, “most people do not listen with the intent to understand; they listen with the intent to reply“. Mendengar dengan lebih baik secara nyata akan membuka kemungkinan munculnya berbagai peluang baru.

Banyak mendengar dan sedikit berbicara adalah kunci kesuksesan dalam suatu hubungan pertemanan. Tidak cenderung menyalahkan orang lain akan membuat Anda dipercaya orang yang dekat dengan Anda. Dengan begitu mereka tidak akan segan untuk saling berbagi dengan Anda. Nyata benar bahwa mendengar, adalah bagian tak terpisahkan dari suatu sesi bicara.

Mendengarlah yang membuat suatu pembicaraan menjadi hidup dan tak redup. Mendengar adalah elemen penting yang menjadi sebuah pembicaraan diingat dan dikenang, suatu komunikasi yang membawa manfaat dan mencerahkan.

Belajarlah untuk banyak mendengar, tidak hanya berbicara… Semoga bermanfaat untuk Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com).

 

Posting Komentar untuk "Pentingnya Mendengar Dalam Hidup Sehari-hari"