Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Macam Macam Hormon dan Jaringan Pada Tumbuhan

 

Macam Macam Hormon dan Jaringan Pada Tumbuhan – Pada kesempatan yang satu ini saya akan membahas mengenai masalah macam-macam hormon pada tumbuhan dan juga tentang jaringan yang terdapat di dalam tubuh tumbuhan. Di dalam tubuh tumbuhan selain memiliki hormon yang mengatur perkembangan tubuhnya juga terdapat jaringan-jaringan yang menyokong pertumbuhan dan menggerakkan tubuhnya, meskipun gerak yang terjadi pada tumbuhan tidak seaktif gerak yang terjadi pada hewan.

 

Gerak Pada Tumbuhan

Meskipun gerak yang terjadi pada tumbuhan tidak seperti gerak yang terjadi pada hewan dan juga manusia, tapi di dalam tubuh tumbuhan tetap berisikan jaringan-jaringan yang berfungsi untuk kelangsungan hidup tubuh tumbuhan itu sendiri. Jika anda sedang belajar mengenai masalah tumbuhan, anda harus mempelajari tentang berbagai macam hormon dan juga jaringan-jaringan yang terdapat pada tubuh tumbuhan.

Jika anda sekarang mencari informasi tentang macam macam hormon dan juga jaringan yang terdapat pada tumbuhan untuk menyelesaikan tugas dari sekolah atau untuk menambah ilmu anda tentang tumbuhan, maka anda wajib dan harus membaca artikel ini, sebab di sini akan di ulas mengenai hormon pada tumbuhan dan juga jaringan yang terdapat pada tumbuhan.

 

Macam macam hormon pada tumbuhan

Sebelum belajar tentang macam-macam hormon pada tumbuhan maka sebaiknya anda mengetahui tentang pengertian hormon. Hormon pada tumbuhan adalah bagian dari sebuah proses adaptasi dan juga proses pertahanan diri untuk kelangsungan hidup tumbuhan itu sendiri. Hormon pada tumbuhan adalah yang mempengaruhi perkembangan tubuh tumbuhan itu.

Berikut adalah macam macam hormon yang terdapat pada tumbuhan :

Hormon sitokinin. Hormon ini adalah hormon yang pertama kali ditemukan, penemu hormon sitokinin adalah carlos miller. Hormon yang satu ini memiliki beberapa fungsi salah satu diantaranya adalah untuk memberikan ransangan diferensiasi pada sel sel yang dihasilkan oleh jaringan meristem.

Hormon etilen. Hormon etilen sering digunakan oleh buah buahan, terutama pada buah yang sudah tua dan sedikit lagi masak. Hormon etilen di sintesis oleh tumbuhan sehingga dapat mengakibatkan pemasakan pada buah dengan lebih cepat dari biasanya. Selain etilen ada juga jenis etilen sintetik yang sering dipakai oleh penjual buah untuk memasakan buahnya supaya bisa masak dengan cepat

Hormon asam abisat. Hormon ini adalah hormon yang mempengaruhi proses pertumbuhan tubuh tumbuhan, hormon ini merupakan jenis hormon penghambat

 

Jaringan pada tumbuhan

Jaringan merupakan perkumpulan para sel yang telah mempunyai bentuk yang sama dan juga mempunyai fungsi yang sama pula. Begitu juga dengan jaringan pada tumbuhan, jaringan pada tumbuhan merupakan perkumpulan para sel yang mempunyai bentuk dan juga fungsi yang sama.

Berikut adalah beberapa macam jaringan pada tumbuhan :

Jaringan meristem, jaringan ini merupakan jenis jaringan yang aktif, jaringan meristem berperan dalam proses pertumbuhan tubuh tumbuhan

Jaringan permanen. Jaringan permanen yang terdapat di dalam tubuh tumbuhan merupakan tiga kelompok jaringan yang paling utama di dalam mempertahankan kelangsungan hidup tumbuhan itu. Jaringan permanen terdiri atas jaringan epidermis, jaringan pengangkut dan juga jaringan dasar.

 

Nah, itu tadi bahasan singkat kami mengenai Macam Macam Hormon Dan Jaringan Pada Tumbuhan. Semoga bermanfaat untuk Anda karena sudah Waktunya Anda Tahu (watahu.com)

Posting Komentar untuk "Macam Macam Hormon dan Jaringan Pada Tumbuhan"